5 Terobosan Pesawat Angkatan Udara AS, dari Sayap Lipat hingga Desain yang Tak Lazim

Senin, 21 Agustus 2023 - 13:38 WIB
loading...
5 Terobosan Pesawat Angkatan Udara AS, dari Sayap Lipat hingga Desain yang Tak Lazim
AS terus membuat banyak terobosan pesawat tempurnya. Foto/ US Air Force
A A A
WASHINGTON - Selain Rusia di Eropa, Amerika Serikat (AS) memiliki musuh utama yakni China di Asia. Untuk melebihi kemampuan pesawat udara musuh, Angkatan Udara AS terus membuat terobosan untuk mendesain dan memproduksi armada tempur yang canggih.

Angkatan Udara AS mengajak berbagai perusahaan start-up untuk mendesain pesawat yang berorientasi pada masa depan dan mampu mengatasi berbagai kelemahan yang dihadapi selama ini. Bukan hanya fokus pada desain, mereka juga memperhatikan kecanggihan teknologi yang sudah diakui dari produsen pesawat dunia.

Berikut adalah 5 terobosan Angkatan Udara AS dalam

1. Memilih Desain Pesawat yang Tak Lazim

5 Terobosan Pesawat Angkatan Udara AS, dari Sayap Lipat hingga Desain yang Tak Lazim

Foto/ US Air Force

Angkatan Udara AS telah memilih perusahaan rintisan penerbangan JetZero untuk mengembangkan pesawat demonstran ukuran penuh dengan desain yang tidak biasa. Itu dikarenakan mereka ingin mengubah cara layanan tersebut membangun pesawat tanker dan kargonya.

Investasi di Blended Wing Body mencerminkan minat Angkatan Udara pada pesawat yang dapat membawa muatan lebih besar lebih jauh sambil menggunakan lebih sedikit bahan bakar dan jangkauan fasilitas yang lebih luas. Itu sebagai strategi yang diperlukan untuk memenangkan perang dengan China di Pasifik.

Desainnya memadukan sayap dan badan pesawat, "mengurangi hambatan aerodinamis setidaknya 30% dan memberikan daya angkat tambahan," demikian keterangan Angkatan Udara. "Peningkatan efisiensi ini akan memungkinkan jangkauan yang lebih jauh, lebih banyak waktu berkeliaran, dan peningkatan efisiensi pengiriman muatan."

Sementara desain telah ada selama beberapa dekade, itu belum diadopsi secara luas, tetapi kemajuan baru-baru ini dalam desain, material, dan manufaktur "telah membuat produksi skala besar dapat dicapai," kata demikian keterangan Angkatan Udara. Investasi terbaru bertujuan untuk lebih mengembangkan desain dan menilai kemampuannya dan bagaimana menggabungkannya di pesawat masa depan.

Di bawah kontrak, Pentagon akan menyediakan USD235 juta selama empat tahun ke depan, yang akan digabungkan dengan investasi swasta "untuk membuat demonstrasi skala penuh membuahkan hasil," Tom O'Leary, salah satu pendiri dan CEO JetZero, mengatakan pada acara tersebut, menambahkan bahwa tujuannya adalah penerbangan pertama pada tahun 2027.


2. Hemat Bahan Bakar

5 Terobosan Pesawat Angkatan Udara AS, dari Sayap Lipat hingga Desain yang Tak Lazim

Foto/ US Air Force

"Kami sedang berlomba untuk keunggulan teknologi dengan apa yang kami sebut tantangan mondar-mandir, lawan yang tangguh," kata Sekretaris Angkatan Udara Frank Kendall, pejabat sipil tertinggi layanan itu, mengacu pada China.

"Ada potensi nyata dalam teknologi ini untuk membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar secara signifikan, dan itu akan mengarah pada peningkatan tidak hanya dalam efisiensi dan kemampuan pasukan kita, tetapi juga dalam dampak kita terhadap iklim," kata Kendall di sebuah acara yang diselenggarakan oleh Asosiasi Angkatan Udara dan Luar Angkasa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0985 seconds (0.1#10.140)