Sangkal Afsel, Maroko Mengaku Belum Daftar Gabung dengan BRICS

Minggu, 20 Agustus 2023 - 12:01 WIB
loading...
Sangkal Afsel, Maroko Mengaku Belum Daftar Gabung dengan BRICS
Sankal klaim Afrika Selatan, Maroko mengaku belum daftar gabung dengan BRICS. Foto/Ilustrasi
A A A
RABAT - Maroko belum mengajukan permintaan resmi untuk bergabung dengan kelompok BRICS dan tidak akan menghadiri pertemuan puncaknya di Afrika Selatan . Begitu laporan kantor berita MAP pada Sabtu waktu setempat.

Mengutip sumber diplomatik yang tidak disebutkan namanya, MAP membantah pernyataan Menteri Luar Negeri Afrika Selatan Anil Sooklal yang mengatakan awal bulan ini Maroko termasuk di antara negara-negara yang ingin bergabung dengan blok tersebut.

"Afrika Selatan membiarkan dirinya berbicara tentang hubungan Maroko dengan BRICS tanpa konsultasi sebelumnya," lapor MAP seperti dikutip dari New Arab, Minggu (20/8/2023).

Kelompok negara berkembang utama sekarang terdiri dari Brasil, Rusia, India, China dan Afrika Selatan, tetapi potensi perluasannya akan dibahas di KTT dan Afrika Selatan mengatakan lebih dari 40 negara telah menyatakan minat untuk bergabung.



Dukungan diplomatik Afrika Selatan untuk front Polisario yang didukung Aljazair, yang berupaya mendirikan negara merdeka di Sahara Barat, wilayah yang dianggap Maroko sebagai miliknya, telah membuat tegang hubungan antara kedua negara.

MAP melaporkan bahwa Maroko tidak akan menghadiri pertemuan BRICS di Afrika.

"Afrika Selatan sebenarnya selalu menunjukkan permusuhan utama terhadap Maroko dan secara sistematis mengambil posisi negatif dan dogmatis dalam masalah Sahara Maroko," sambung laporan itu.

Menurut laporan MAP, Maroko melekat pada multilateralisme yang tidak memecah belah dan memiliki hubungan baik dengan negara-negara anggota BRICS lainnya.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1868 seconds (0.1#10.140)