Semua Mata Melihat Plastun, Kendaraan Perang Segala Medan Mutakhir Rusia

Minggu, 20 Agustus 2023 - 00:01 WIB
loading...
Semua Mata Melihat Plastun, Kendaraan Perang Segala Medan Mutakhir Rusia
Kendaraan segala medan lacak serbaguna ringan Plastun (Crawler). Foto/sputnik
A A A
MOSKOW - Forum Teknis dan Militer Internasional ARMY-2023, selama presentasi dinamis teknologi militer Rusia untuk tamu internasional, meluncurkan inovasi baru kendaraan segala medan lacak serbaguna ringan “Plastun” (“Crawler”).

Mengapa Dinamai Plastun? Di era Kekaisaran Rusia, "plastun" mengacu pada regu pengintai yang terdiri dari Kuban Cossack (sampai batas tertentu serupa dengan pasukan khusus tentara modern).

Tim Plastun secara resmi dibentuk pada tahun 1842. Bergabung dengan mereka bukanlah tugas yang mudah, karena membutuhkan kekuatan fisik, daya tahan, keterampilan berburu, kesabaran, dan kemampuan untuk "tidak terlacak" sebanyak mungkin.

Seringkali, pengintai Cossack ini bergerak diam-diam dengan merangkak di atas perut mereka selama operasi tempur. Istilah tentara "merangkak seperti plastun" berasal dari taktik pengintaian ini.

Kendaraan segala medan ringan multiguna yang dirancang Rusia mewarisi kualitas keheningan, mobilitas, dan tidak mencolok dari "plastun" yang hidup dan bernapas. Itulah mengapa dinamai untuk menghormati mereka.

Keunggulan Kendaraan Segala Medan


Perusahaan "Russian All-Terrain Vehicles Plastun" mengembangkan kendaraan tersebut. CEO perusahaan dan kandidat pakar ilmu teknis, Eric Sagymbayev, berbicara tentang keunggulan kendaraan dalam wawancara eksklusif dengan Sputnik.

"Ada permintaan yang besar untuk kendaraan semacam itu di pasar Rusia. Keuntungan dari kendaraan segala medan non-logam adalah dapat pergi ke mana saja. Dapat melaju di berbagai jenis medan dengan kapasitas dukung beban yang rendah, baik itu pada berbagai jenis tanah, aspal atau beton, tanpa merusak jalan atau mengubahnya menjadi jalur tank," papar dia.

Menurut Eric Sagymbayev, sejak awal mereka bertujuan memaksimalkan penggunaan komponen Rusia pada kendaraan mereka.

"Mesin bensin 1,6 liter, 106 tenaga kuda dan transmisi manual 5 kecepatan di kendaraan segala medan kami dibuat oleh AvtoVAZ. Mereka secara khusus diadaptasi untuk kendaraan terlacak. Selain itu, suku cadang dari kendaraan UAZ dan GAZ banyak digunakan,” ujar dia.

Dia menambahkan, “Dengan kata lain, kendaraan segala medan Plastun lebih dari 90% terlokalisasi. Dapat diperbaiki dengan suku cadang standar dari toko suku cadang mobil. Selain itu, kami bekerja sama dengan Institut Riset Ilmiah Pusat Otomotif dan Mesin Otomotif 'NAMI,' yang memungkinkan kami untuk menguji 'Plastun' di laboratorium dan tempat pengujian mereka.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0963 seconds (0.1#10.140)