6 Negara dengan Orang Bermata Biru Terbanyak, Mayoritas dari Negara Skandinavia

Sabtu, 19 Agustus 2023 - 14:15 WIB
loading...
6 Negara dengan Orang Bermata Biru Terbanyak, Mayoritas dari Negara Skandinavia
Negara yang memiliki mata berwarna biru umumnya berasal dari Skandinavia. Foto/Ist
A A A
LONDON - Dunia adalah tempat yang indah, beragam, penuh dengan budaya dan individu yang unik. Satu hal yang benar-benar membedakan orang adalah warna mata mereka.

Banyak anggapan, perempuan bermata biru memang cantik. Sedangkan pria bermata biru pun dipastikan akan terlihat lebih ganteng.

Sebagian besar peneliti percaya bahwa individu bermata biru mungkin lebih dominan di antara populasi tertentu dan kurang terlihat pada populasi lain. Studi yang dilakukan pada tahun 2019 menemukan beberapa statistik menarik tentang populasi mata biru di seluruh dunia.

Melansir World Atlas, diyakini sebagai hasil mutasi genetik, mata biru berasal dari nenek moyang tunggal ribuan tahun yang lalu. Mutasi menyebabkan penurunan produksi melanin yang merupakan pigmen yang terletak di mata yang menentukan warnanya.

Tingkat melanin yang lebih rendah memungkinkan lebih banyak cahaya untuk dipantulkan mata; warna biru adalah bayangan yang dihasilkan.

Awalnya, semua mata manusia berwarna coklat. Namun, sekitar 6.000 hingga 10.000 tahun lalu, mutasi gen mata biru menyebar. Ini bertepatan dengan migrasi lebih jauh ke utara dari daerah yang bermandikan sinar matahari seperti Timur Tengah dan negara-negara di belahan bumi selatan.

Beberapa berspekulasi bahwa perubahan lingkungan ini merupakan faktor penyebabnya. Melanin di mata cokelat membantu melindungi dari paparan sinar matahari yang intens, jadi tidak diperlukan untuk area di mana tidak ada banyak cahaya sepanjang tahun.

Berikut adalah 6 dengan penduduk bermata biru terbanyak di dunia.

1. Estonia (89%)

Diperkirakan 89% orang Estonia memiliki mata biru. Itu benar – negara kecil Eropa ini juga merupakan tempat kelahiran banyak orang dengan mata biru yang mencolok dan kulit yang cerah.

Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa banyak dari ini mungkin lebih berwarna biru keabu-abuan yang berarti mereka mengandung lebih sedikit melanin daripada sepupu mereka yang bermata biru.

2. Finlandia (89%)

Finlandia adalah negara dengan sejarah yang kaya dan budaya yang unik. Orang Finlandia bangga akan kejujuran, kerendahan hati, kecermatan, dan ketekunan mereka, yang tidak mengherankan, semua atribut yang diasosiasikan dengan warna biru.

Berbagi peringkat pertama di dunia dengan Estonia, Finlandia juga memiliki 89 persen penduduknya yang bermata biru. Kombinasi yang menakjubkan dari mata biru dan rambut coklat berpasir atau pirang banyak dicari di negara lain, tetapi sangat umum di sini.

3. Swedia (78%)

Dikenal dengan mata biru pucat yang indah dan kulit seputih susu, orang Swedia menonjol ke mana pun mereka pergi.

Fitur fisik yang tampaknya tidak signifikan ini adalah dua karakteristik paling dominan dari populasi Swedia. Mereka juga bagian dari apa yang membuat orang Swedia begitu unik!

4. Islandia (75,5%)

Islandia adalah negara yang indah di wilayah utara Eropa, yang terkenal dengan banyak gletser dan pemandangannya yang menakjubkan. Orang Islandia menunjukkan kebanggaan nasional yang kuat dalam melestarikan budaya mereka.

Selain itu, orang Islandia sangat bersemangat mendukung tim olahraga mereka! Dengan 75,5 persen populasi mata biru, Islandia berada di urutan keempat dalam daftar ini.

5. Belanda (Sekitar 61%)

Belanda adalah salah satu negara paling menarik di dunia, dengan sejarah dan budaya menarik yang membedakannya dari negara lain. Kanal kota seperti Amsterdam adalah tempat yang tepat untuk menghabiskan waktu menjelajah, sambil dikelilingi oleh arsitektur yang menakjubkan.

Dengan hampir 61%penduduknya bermata biru, negara ini benar-benar unik dan indah tak terbantahkan.

6. Denmark (Sekitar 60%)

Dikenal karena rambut pirang dan mata birunya yang indah, orang Denmark menonjol dari budaya lain. Duduk di urutan keenam dalam daftar ini, populasi Denmark adalah 60% bermata biru.

Entah itu karena faktor genetika atau gaya hidup, ada banyak hal menarik untuk dipelajari tentang individu-individu menakjubkan ini dan warisan uniknya.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1836 seconds (0.1#10.140)