Tak Takut Ancaman Rusia, Kapal Kargo Tinggalkan Pelabuhan Ukraina

Rabu, 16 Agustus 2023 - 21:43 WIB
loading...
Tak Takut Ancaman Rusia, Kapal Kargo Tinggalkan Pelabuhan Ukraina
Sebuah kapal kargo meninggalkan pelabuhan Ukraina di tengah kekhawatiran akan diserang Rusia di Laut Hitam. Foto/Ilustrasi
A A A
KIEV - Sebuah kapal kargo telah meninggalkan pelabuhan Odesa Ukraina , meskipun ada kekhawatiran Rusia dapat menargetkan kapal tersebut di Laut Hitam.

Kapal Joseph Schulte yang berbendera Hong Kong telah terperangkap di pelabuhan sejak Rusia melancarkan invasi besar-besaran ke Ukraina pada Februari 2022.

"Sebuah kapal pertama menggunakan koridor sementara untuk kapal dagang ke/dari pelabuhan Great Odesa," kata Wakil Perdana Menteri Oleksandr Kubrakov di Facebook seperti dikutip dari BBC, Rabu (16/8/2023).

Kubrakov mengatakan kapal itu membawa lebih dari 30.000 ton kargo, termasuk makanan, dalam 2.114 kontainer. Ia menambahkan bahwa koridor terutama akan digunakan untuk mengevakuasi kapal yang terperangkap di pelabuhan Laut Hitam sejak invasi skala penuh Rusia dimulai.

Menurut laporan Reuters, Bernhard Schulte Shipmanagement, yang bersama-sama memiliki Joseph Schulte dengan sebuah bank China, mengkonfirmasi bahwa kapal tersebut melakukan perjalanan ke Istanbul, Turki.



Kiev telah mengumumkan "koridor kemanusiaan" di Laut Hitam setelah kesepakatan yang memungkinkannya mengekspor biji-bijian kolaps bulan lalu .

Tetapi Moskow belum mengatakan apakah akan menghormati koridor tersebut.

Kapal itu berangkat saat Kiev mengatakan serangan udara Rusia merusak fasilitas penyimpanan biji-bijian di Reni, sebuah pelabuhan sungai di sungai Danube, sekitar 260 km barat daya Odesa.

Pejabat Ukraina merilis foto yang menunjukkan fasilitas penyimpanan yang hancur dan tumpukan biji-bijian dan bunga matahari yang berserakan di Reni, di perbatasan Ukraina dengan Moldova dan Rumania.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1341 seconds (0.1#10.140)