Profil Ibrahim Traore, Prajurit Berpangkat Kapten Pemimpin Kudeta Terbaru Burkina Faso

Rabu, 16 Agustus 2023 - 07:25 WIB
loading...
A A A
Tetap saja, gambaran awal telah muncul tentang apa yang ingin dilakukan junta Traore dengan waktu kekuasaannya.

Langkah mereka, yang mungkin termasuk reformasi militer dan hubungan dengan mitra internasional baru seperti Rusia, dapat mengubah politik di Afrika Barat dan mengubah cara Burkina Faso melawan pemberontakan yang telah menewaskan ribuan orang dan memaksa jutaan orang melarikan diri.

Perwira Angkatan Darat itu awalnya mendukung Damiba ketika dia mengambil alih kekuasaan dalam kudetanya sendiri pada Januari, berjanji untuk mengalahkan kaum militan.

Tapi mereka dengan cepat kehilangan kesabaran. Damiba menolak mereformasi tentara, menurut junta Traore. Serangan memburuk. Teror telah menewaskan sejumlah tentara di utara.

Sementara itu, Rusia telah menyatakan dukungan untuk kudeta tersebut seperti yang dikecam oleh tetangga regional dan kekuatan Barat.

"Saya salut dan mendukung Kapten Ibrahim Traore," bunyi pernyataan Pemimpin Wagner Group Rusia Yevgeny Prigozhin yang beroperasi di seluruh Afrika, termasuk di Mali, tetangga Burkina Faso.

Hubungan dengan Rusia?


Kedekatan dengan Rusia akan menambah ketegangan pada hubungan Burkina Faso dengan bekas kekuatan kolonial Prancis.

Prancis telah memberikan dukungan militer dalam beberapa tahun terakhir tetapi telah menjadi sasaran protes pro-Rusia. Kedutaan besarnya di Ouagadougou diserang setelah kudeta.

Masuknya Wagner ke Mali tahun lalu mengakhiri misi Prancis selama satu dekade untuk membendung kelompok Islam yang terkait dengan al Qaeda dan ISIS yang sejak itu menyebar ke Burkina Faso.

Wagner dan tentara Mali sejak itu dituduh kelompok hak asasi manusia dan mendapat saksi atas pelanggaran yang meluas, termasuk pembunuhan ratusan warga sipil di kota Moura pada Maret 2022.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1055 seconds (0.1#10.140)