4 Jenis Ranjau Rusia Mematikan yang Jadi Jebakan Maut bagi Tentara Ukraina

Minggu, 13 Agustus 2023 - 23:41 WIB
loading...
4 Jenis Ranjau Rusia Mematikan yang Jadi Jebakan Maut bagi Tentara Ukraina
Ribuan tentara Ukraina terluka dan tewas akibat jebakan ranjau yang ditanam tentara Rusia. Foto/Reuters
A A A
KYIV - Rusia memasang ladang ranjau "gila" yang besar untuk mencoba dan menghancurkan serangan balasan Ukraina. Seorang pejabat Ukraina mengatakan Rusia telah menempatkan lima ranjau per meter persegi di beberapa daerah.

The Times melaporkan Rusia telah menciptakan ladang ranjau terbesar di dunia yang membentang sepanjang 750 mil garis depan dari selatan ke timur Ukraina. Tentara Rusia bahkan terpaksa memasang jebakan mematikan menggunakan ranjau, termasuk menyembunyikannya di mainan, lemari es, dan buku anak-anak.

Meskipun senjata tersebut merupakan warisan peperangan abad ke-20, ranjau darat masih sering digunakan karena murah, mudah diproduksi, dan sangat efektif melawan musuh.

Berikut adalah 4 jenis ranjau yang digunakan tentara Rusia dalam konflik di Ukraina.

1. Ranjau Ledakan

4 Jenis Ranjau Rusia Mematikan yang Jadi Jebakan Maut bagi Tentara Ukraina

Foto/Reuters

Melansir Insider, ranjau ledakan adalah jenis ranjau darat paling umum yang dirancang untuk menyebabkan luka yang melemahkan atau fatal bagi tentara musuh.

Ranjau tersebut terkubur hanya beberapa inci di bawah tanah dan biasanya diaktifkan oleh pelat tekanan - yang umumnya membutuhkan kekuatan 11 hingga 35,3 pound untuk diluncurkan.

Organisasi Human Rights Watch (HRW) mengatakan para penjinak ranjau telah "menemukan dan menetralkan" ranjau peledak PMN-2 dan PMN-4 di Ukraina.

Ini menggambarkan PMN-2 sebagai "ranjau plastik melingkar," mencatat bahwa Ukraina menghancurkan stok ranjau ini pada tahun 2003.

Ranjau lain yang menimbulkan kontroversi selama konflik adalah PFM-1, juga dikenal sebagai ranjau "kupu-kupu", yang ditembakkan dari roket dan tersebar tanpa pandang bulu di area yang luas.

Pada Juli lalu, HRW mengatakan telah menemukan lebih banyak bukti bahwa Ukraina menggunakan ranjau yang dilarang dan telah memberi tahu pemerintah Ukraina.

2. Ranjau Pembatas

4 Jenis Ranjau Rusia Mematikan yang Jadi Jebakan Maut bagi Tentara Ukraina

Foto/Reuters

Tripwire atau tekanan biasanya memicu ranjau darat ini. Saat diaktifkan, "penyala" atau "penyerang", batang logam yang menonjol dari tanah, mengangkat ranjau sekitar tiga kaki ke udara, tempat ranjau itu meledak di sekitar tubuh bagian atas korban, dengan potensi menyebabkan cedera yang mengerikan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1871 seconds (0.1#10.140)