‘Perang Tanpa Asap' China di Jalur Sutera Modern

Sabtu, 12 Agustus 2023 - 21:47 WIB
loading...
A A A
Satu individu dan jaringannya telah disorot dalam laporan NYT, namun jelas bahwa pemerintah China mengendalikan dan mengelola operasinya. Xi dalam pidatonya kepada anggota PKC menyatakan: "China harus digambarkan sebagai negara beradab yang menampilkan sejarah yang kaya, kesatuan etnis, dan keanekaragaman budaya, dan sebagai kekuatan Timur dengan pemerintahan baik, ekonomi maju, kemakmuran budaya, persatuan nasional, dan pemandangan yang indah”.

China juga disebut Xi harus dikenal sebagai negara bertanggung jawab yang mengadvokasi perdamaian dan pembangunan, menjaga keadilan internasional, dan memberikan kontribusi positif bagi kemanusiaan.

Arahan semacam ini kemudian mengaburkan kelemahan sistem politik otoriter China, pencemaran lingkungan, kurangnya supremasi hukum, pelanggaran hak asasi manusia, keterlibatan luar negeri menggunakan metode keuangan manipulatif, korupsi dalam memperoleh kesepakatan, dan lain sebagainya.

Pengeluaran keuangan China untuk propaganda diperkirakan di tahun 2009 diestimasi mencapai USD6 miliar untuk ekspansi global media pemerintah. Perkiraan lain oleh cendekiawan David Shambaugh pada 2017 memperkirakan bahwa China menghabiskan USD10 miliar per tahun untuk meningkatkan "kekuatan lunaknya”, meski media pemerintah hanya akan menghitung sebagian dari jumlah itu.

Dalam sebuah makalah oleh Sarah Cook, dia menguraikan metode yang digunakan PKC untuk mempromosikan konten dan narasi favoritnya di luar negeri. China telah memulai perluasan kapasitas global dan kehadiran media resmi negara, menyindir pandangan resmi ke media arus utama asing, mengolah media asing yang dapat menghasilkan konten yang menguntungkan mereka sendiri, membeli outlet media asing, dan membangun jaringan baru serta melakukan kampanye disinformasi di media sosial global.

Semua pendekatan kolektif ini telah diubah selama beberapa tahun terakhir, terutama di negara-negara di mana terdapat infrastruktur masyarakat sipil yang minim dengan keterlibatan, termasuk di benua Afrika, Amerika Latin dan Asia. Artikel NYT berusaha mengungkap wajah sebenarnya dari sang “Naga Manipulatif” yang bersembunyi di balik asap.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1636 seconds (0.1#10.140)