Nekat Lakukan Intervensi Militer ke Niger, Rusia Peringatkan ECOWAS

Sabtu, 12 Agustus 2023 - 17:30 WIB
loading...
Nekat Lakukan Intervensi Militer ke Niger, Rusia Peringatkan ECOWAS
Rusia berikan peringatan kepada ECOWAS jika nekat lakukan intervensi militer di Niger. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
MOSKOW - Rusia memperingatkan bahwa intervensi militer di Niger akan mengarah pada konfrontasi yang berkepanjangan. Itu dikeluarkan Moskow setelah blok regional Afrika barat, ECOWAS , mengatakan akan membentuk pasukan siaga.

"Intervensi semacam itu akan mengguncang wilayah Sahel secara keseluruhan," kata Kementerian Luar Negeri Rusia seperti dikutip dari BBC, Sabtu (12/8/2023).

Rusia sendiri tidak secara resmi mendukung kudeta tersebut.

Namun Amerika Serikat (AS), yang mendukung upaya untuk memulihkan pemimpin terguling Mohamed Bazoum, mengatakan kelompok tentara bayaran Wagner mengambil keuntungan dari ketidakstabilan tersebut.



Pada hari Jumat pendukung kudeta, beberapa diantaranya mengibarkan bendera Rusia, memprotes pangkalan militer Prancis di dekat ibu kota Niamey. Beberapa dari mereka ada yang meneriakkan "turunkan Prancis, turunkan ECOWAS".

Baik Prancis maupun AS mengoperasikan pangkalan militer di Niger dan mereka telah digunakan untuk melancarkan operasi melawan kelompok teroris di wilayah yang lebih luas.

Pejabat militer dari negara-negara ECOWAS dilaporkan akan bertemu pada hari Sabtu untuk menyusun rencana intervensi militer.

Blok tersebut mengatakan tetap terbuka untuk menemukan solusi diplomatik untuk krisis tersebut, tetapi Presiden Nigeria Bola Tinubu pada hari Kamis mengatakan bahwa tidak ada opsi yang diambil dari meja, termasuk penggunaan kekuatan sebagai upaya terakhir.

AS tidak secara eksplisit mendukung aksi militer tetapi telah meminta junta Niger untuk menyingkir dan mengizinkan pemulihan konstitusi demokratis negara itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1203 seconds (0.1#10.140)