6 Kota Terkenal yang Didirikan Alexander Agung, dari Mesir hingga Afghanistan

Jum'at, 11 Agustus 2023 - 00:30 WIB
loading...
6 Kota Terkenal yang Didirikan Alexander Agung, dari Mesir hingga Afghanistan
Alexander Agung dikenal sebagai panglima perang yang mendirikan banyak kota di dunia. Foto/Ist
A A A
WASHINGTON - Alexander Agung mencapai banyak hal dalam hidupnya sebagai seorang penakluk. Dia menggulingkan Kekaisaran Persia dan menciptakan fondasi kerajaan Helenistik.

Orang sering melebih-lebihkan kehidupan Alexander Agung. Di masa hidupnya sendiri, orang-orang menceritakan kisah-kisah fantastis tentang dia. Belakangan cerita tersebut berubah menjadi legenda di mana Alexander adalah pahlawan dari cerita tersebut.

Ada beberapa cerita sejarah tentang Alexander Agung yang tidak dibesar-besarkan. Misalnya, keberhasilan Alexander Agung dalam mendirikan kota. Beberapa kota yang awalnya didirikan oleh Alexander Agung masih ada sampai sekarang.

Berikut adalah 6 kota yang pernah dibangun Alexander Agung dan masih bertahan hingga saat ini.

1. Alexandria Ad Aegyptum

6 Kota Terkenal yang Didirikan Alexander Agung, dari Mesir hingga Afghanistan

Foto/World Atlas

Melansir World Atlas, Alexandria ad Aegyptum, juga dikenal sebagai kota kuno Alexandria, adalah salah satu kota paling terkenal yang didirikan oleh Alexander Agung. Terletak di dekat Mesir, Alexandria berada di tepi Mediterania, di Delta Nil.

Didirikan pada 332 SM oleh Alexander Agung, Alexander bermaksud menjadikan Aleksandria sebagai ibu kota baru kerajaannya. Sayangnya, Alexander Agung meninggal sebelum dia bisa melihat rencananya untuk kota itu terlaksana. Jenderal favoritnya, Ptolemy I Soter, melanjutkan rencana Alexander untuk kota tersebut, menjadikannya ibu kota kerajaan Ptolemeus.

Kota ini kemudian menjadi pusat budaya dan ekonomi dunia kuno yang berkembang pesat. Pada abad ke-3 SM, Aleksandria berpenduduk lebih dari setengah juta jiwa, menjadikannya kota terbesar saat itu. Hal yang menarik di kota, adalah perpustakaan yang luas. Itu menarik pikiran penasaran dari semua disiplin ilmu ke kota.


2. Alexandria Ad Issum

Dijuluki Alexandria kecil, Alexander Agung mendirikan Alexandria ad Issum pada 333 SM. Kota ini memiliki banyak nama, termasuk Alexandretta, Iskenderun, dan Little Alexandria.

Alexander Agung mendirikan kota itu setelah dia meraih kemenangan besar pertamanya dalam pertempuran melawan Kekaisaran Persia. Pertempuran Issus terjadi antara raja Makedonia dan Raja Persia Darius III.

Di akhir pertarungan, Darius III melarikan diri dari medan perang, meninggalkan keluarganya di bawah belas kasihan Alexander Agung. Saat ini, kota kuno Alexandria ad Issum sudah tidak ada lagi, tetapi para sejarawan percaya bahwa kota itu berada di dekat Iskenderun modern. Kota ini terletak di pantai Mediterania Turki modern.


3. Alexandria Eschate

6 Kota Terkenal yang Didirikan Alexander Agung, dari Mesir hingga Afghanistan

Foto/World Atlas
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1185 seconds (0.1#10.140)