Kebakaran Hawaii Tewaskan 36 Orang, Api Hanguskan Pulau Maui

Kamis, 10 Agustus 2023 - 19:30 WIB
loading...
Kebakaran Hawaii Tewaskan 36 Orang, Api Hanguskan Pulau Maui
Petugas pemadam kebakaran masih memerangi kebakaran aktif, dengan helikopter menjatuhkan air ke api dari atas di Hawaii. Foto/REUTERS
A A A
HAWAII - Sebanyak 36 orang tewas saat kebakaran hutan yang bergerak cepat menghanguskan pulau Maui di Hawaii.

Menurut para pejabat, kematian di kota Lahaina, tujuan wisata utama pulau itu, terjadi saat angin kencang dari badai yang jauh mengipasi api.

Kebakaran itu adalah salah satu dari beberapa kobaran api yang sedang berlangsung yang telah menghanguskan seluruh lingkungan hingga rata dengan tanah.

Ribuan orang terpaksa mengungsi dari rumah mereka dan keadaan darurat telah diumumkan.

Operasi pencarian dan penyelamatan besar-besaran sedang berlangsung, dengan beberapa orang masih belum ditemukan.

"Kami hampir tidak bisa keluar tepat waktu," ujar Kamuela Kawaakoa, yang melarikan diri ke tempat penampungan evakuasi pada Selasa bersama pasangannya dan putranya yang berusia enam tahun, mengatakan kepada Associated Press.

"Sangat sulit untuk duduk di sana dan hanya melihat kota saya terbakar menjadi abu dan tidak bisa berbuat apa-apa. Aku tidak berdaya," papar dia.



Lima tempat penampungan evakuasi telah dibuka di Maui dan para pejabat sebelumnya mengatakan tempat itu "dibanjiri" orang. Pulau ini adalah tujuan wisata yang populer dan pengunjung dipaksa untuk menjauh.

"Ini bukan tempat yang aman," papar Letnan Gubernur Hawaii Sylvia Luke kepada wartawan. "Kami memiliki sumber daya yang dikenakan pajak."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1783 seconds (0.1#10.140)