Siap Tempur, 25 Pesawat dan 5 Kapal Perang China Dekati Taiwan

Rabu, 09 Agustus 2023 - 16:13 WIB
loading...
A A A
ADIZ adalah area luas yang dipantau dan dipatroli Taiwan untuk memberi pasukannya lebih banyak waktu untuk merespons ancaman, dan pesawat China belum memasuki wilayah udara Taiwan.

Pada hari Minggu, Taiwan melaporkan tingkat aktivitas serupa oleh pesawat tempur dan kapal perang China di dekat pulau itu.

China menggelar latihan perang di sekitar Taiwan pada bulan April setelah Presiden Tsai Ing-wen pulang dari kunjungan ke Amerika Serikat di mana dia bertemu dengan Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Kevin McCarthy.

Agustus lalu, mereka juga mengadakan latihan perang di sekitar Taiwan untuk memprotes perjalanan ke Taipei oleh Ketua DPR AS saat itu Nancy Pelosi.

Wakil Presiden Taiwan William Lai berangkat ke Amerika Serikat minggu ini dalam perjalanannya ke Paraguay dengan apa yang secara resmi hanya transit tetapi telah membuat marah China.

Ini adalah "prioritas" China untuk menghentikan Lai mengunjungi Amerika Serikat, kata Kedutaan China di AS bulan lalu.

Pemerintah Taiwan yang terpilih secara demokratis menolak klaim kedaulatan China dan mengatakan hanya rakyat pulau itu yang dapat memutuskan masa depan mereka.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1846 seconds (0.1#10.140)