10 Angkatan Laut Terkuat di Dunia, Indonesia Patut Bangga

Minggu, 06 Agustus 2023 - 18:02 WIB
loading...
10 Angkatan Laut Terkuat di Dunia, Indonesia Patut Bangga
TNI Angkatan Laut Indonesia memiliki kekuatan yang diperhitungkan di dunia pertahanan internasional. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Angkatan Laut menjadi elemen utama dan pertama dalam pertahanan suatu negara. Negara yang memiliki Angkatan Laut terkuat dan terhebat di dunia, maka mereka akan disegani dan ditakuti oleh para musuhnya.

Direktori Dunia Kapal Perang Militer Modern atau The World Directory of Modern Military Warships (WDMMW) memberi peringkat angkatan laut terkuat di dunia, yang mencakup 36 negara. Pemeringkatan tersebut melihat jumlah total kapal perang dan kapal selam, di samping faktor-faktor seperti usia armada, dukungan logistiknya, serta kemampuan serangan dan pertahanan.

WDMMW juga melihat keseimbangan masing-masing kekuatan: Berapa banyak jenis aset yang mereka miliki, dan apakah mereka memusatkan aset mereka di satu area. Itu termasuk sebagian besar kapal tetapi meninggalkan kapal yang lebih kecil, kapal survei, dan kapal seremonial sejarah.

Pemeringkatan tersebut membedakan antara beberapa kelas kapal perang — mencantumkan jenis korvet dan fregat yang relatif kecil serta kapal perusak dan kapal penjelajah yang lebih besar.

Setiap angkatan laut diberi "True Value Rating" atau "Peringkat Nilai Sejati" akhir untuk mengukur mereka terhadap satu sama lain.

Berikut adalah 10 Angkatan Laut terhebat dan terkuat di dunia versi The World Directory of Modern Military Warships (WDMMW).

1. Amerika Serikat

10 Angkatan Laut Terkuat di Dunia, Indonesia Patut Bangga

Foto/Reuters

Angkatan Laut AS secara luas dianggap sebagai yang paling kuat di dunia yang pernah dikenal.

WDMMW memberinya Peringkat Nilai Sejati 323,9, skor tertingginya.

Dikatakan AS mendapat skor sangat tinggi karena "menampilkan campuran luas jenis kapal perang dan kapal selam serta keseimbangan yang diperkuat oleh jumlah keseluruhan (kuantitas) - maju dengan armada kapal induknya yang dibanggakan."

Melansir Insider, Angkatan Laut AS memiliki total 243 unit aktif pada November 2022. Itu terdiri dari 11 kapal induk, 68 kapal selam, 22 kapal penjelajah, 70 kapal perusak, 21 korvet, delapan kapal perang ranjau/penangkal ranjau, 10 kapal patroli lepas pantai, dan 33 kapal serbu amfibi.

Sayangnya, AS tidak memiliki fregat.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1485 seconds (0.1#10.140)