Goodbye Buruh Manusia, China Bakal Gunakan Robot AI untuk Kebut Proyek Kereta Cepat

Sabtu, 05 Agustus 2023 - 17:26 WIB
loading...
Goodbye Buruh Manusia, China Bakal Gunakan Robot AI untuk Kebut Proyek Kereta Cepat
China dilaporkan akan menggunakan robot yang dikendalikan AI untuk mempercepat proyek kereta cepat. Foto/via REUTERS
A A A
BEIJING - China dilaporkan sedang berupaya mempercepat proyek sistem kereta api berkecepatan tinggi melalui penggunaan robot yang dikendalikan artificial intelligence (AI). Robot itu dirancang khusus dan telah diuji untuk tugas tersebut.

Upaya terobosan Beijing ini diungkap oleh pakar strategi Amerika Serikat (AS), Brian J Cavanaugh.

"Penggunaan AI China dalam proyek nasional yang khas hanyalah pengingat lain bahwa [Presiden] Xi Jinping mendorong kecepatan penuh ke depan dengan teknologi strategis ini dan cara penerapannya," kata Cavanaugh, Wakil Presiden Senior di American Global Strategies, kepada Fox News Digital, Sabtu (5/8/2023).

"Jika Amerika Serikat berhenti bersaing, berhenti berinovasi, di depan ini, seperti yang dikatakan beberapa orang, kita berisiko tertinggal," ujarnya.



"Namun, mengingat tantangan berulang China dengan standar konstruksi dan kecenderungannya untuk membangun berlebihan, kita mungkin akan berhenti karena terlalu kagum dengan pencapaian yang dilaporkan ini," paparnya memperingatkan.

Ketika pandemi virus corona memaksa Beijing untuk mempertahankan kebijakan tanpa toleransi terhadap Covid-19—yang menyebabkan penguncian berulang dan berkepanjangan untuk memerangi virus—para insinyur di China semakin beralih ke pekerja robot sebagai jalan ke depan untuk menyelesaikan pekerjaan konstruksi yang menakutkan.

Pekerja di Bendungan Yangqu tahun lalu mendapati diri mereka tidak lagi diperlukan karena Universitas Tsinghua menerbitkan makalah yang menyarankan para insinyur dapat menyelesaikan konstruksi pada tahun 2024 hanya dengan menggunakan printer 3D, AI, dan robot untuk menyelesaikan struktur setinggi 590 kaki.

Ambisi tersebut dan lompatan lebih lanjut dalam teknologi AI telah mendorong para insinyur untuk menyarankan bahwa mereka dapat menghasilkan robot dengan kemampuan untuk memasang rel, mengelas, mengecat, dan memeriksa pekerjaan pada sistem kereta berkecepatan tinggi negara tersebut.

China pertama kali meluncurkan pekerja otomatis untuk sistem perkeretaapiannya pada tahun 2018 yang dapat meletakkan rel sepanjang 1,5 kilometer per hari, dan pada tahun 2021 presisi dan tingkat kerja yang diperbarui menghasilkan robot yang dapat menyelesaikan rel sepanjang 2 kilometer sehari. Hal itu diungkap South China Morning Post.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1610 seconds (0.1#10.140)