5 Alasan Mengapa Swedia-Denmark Menjadi Lokasi Pembakaran Alquran

Rabu, 02 Agustus 2023 - 17:27 WIB
loading...
5 Alasan Mengapa Swedia-Denmark Menjadi Lokasi Pembakaran Alquran
Swedia dan Denmark menjadi lokasi pembakaran Alquran. Foto/Reuters
A A A
KOPENHAGEN - Pembakaran Alquran di Swedia dan Denmark telah terjadi berulang kali. Dengan dalih kebebasan berpendapat, kedua negara tersebut justru menunjukkan ketidakpedulian terhadap Islam dan penduduk Muslim yang menjadi minoritas di kedua negara tersebut.

Ancaman keamanan dan menjadi target terorisme menjadi risiko yang ditanggung oleh Swedia dan Denmark. Selain itu, sentimen negatif terhadap kedua negara tersebut di dunia Islam juga semakin menguat.

Berikut adalah 5 alasan mengapa Swedia dan Denmark menjadi lokasi pembakaran Alquran.

1. Tidak Larangan Penodaan terhadap Alquran dan Kitab Suci Agama Lainnya

5 Alasan Mengapa Swedia-Denmark Menjadi Lokasi Pembakaran Alquran

Foto/Reuters

Tidak ada hukum di Swedia yang secara khusus melarang pembakaran atau penodaan Alquran atau teks agama lainnya. Seperti banyak negara Barat, Swedia tidak memiliki undang-undang penistaan.

Tidak selalu seperti itu. Hingga abad ke-19, penghujatan dianggap sebagai kejahatan serius di Swedia, yang dapat dihukum mati. Namun undang-undang penistaan agama secara bertahap dilonggarkan saat Swedia menjadi semakin sekuler. Undang-undang semacam itu terakhir dicabut pada tahun 1970.

2. Aparat Hukum Tidak Bisa Menggagalkan Pembakaran Alquran

5 Alasan Mengapa Swedia-Denmark Menjadi Lokasi Pembakaran Alquran

Foto/Reuters

Banyak negara Muslim telah meminta pemerintah Swedia untuk menghentikan pengunjuk rasa membakar Alquran. Namun di Swedia, terserah kepada polisi, bukan pemerintah, untuk memutuskan apakah mengizinkan demonstrasi atau pertemuan publik.

Kebebasan berbicara dilindungi oleh konstitusi Swedia. Polisi perlu mengutip alasan khusus untuk menolak izin demonstrasi atau pertemuan publik, seperti risiko terhadap keselamatan publik.

Polisi Stockholm melakukan hal itu pada bulan Februari ketika mereka menolak dua permintaan untuk protes pembakaran Quran, mengutip penilaian dari Dinas Keamanan Swedia bahwa tindakan tersebut dapat meningkatkan risiko serangan teror terhadap Swedia. Namun pengadilan kemudian membatalkan keputusan tersebut, mengatakan polisi perlu menyebutkan ancaman yang lebih konkret untuk melarang pertemuan publik.

3. Pembakaran Alquran Dikategorikan Bukan sebagai Penghasutan

Undang-undang ujaran kebencian Swedia melarang penghasutan terhadap kelompok orang berdasarkan ras, etnis, agama, orientasi seksual, atau identitas gender.

Ada yang mengatakan membakar Al Quran merupakan penghasutan terhadap umat Islam dan karenanya harus dianggap sebagai ujaran kebencian. Yang lain mengatakan tindakan seperti itu menargetkan agama Islam daripada praktisi iman, dan kritik terhadap agama harus ditutupi dengan kebebasan berbicara, bahkan ketika beberapa orang menganggapnya ofensif.

Mencari panduan dari sistem peradilan, polisi Swedia telah mengajukan tuntutan awal kejahatan rasial terhadap pria yang membakar Alquran di luar masjid di Stockholm pada bulan Juni dan menodai kitab suci Islam lagi. Sekarang terserah jaksa untuk memutuskan apakah akan mendakwanya secara resmi.

Bahkan beberapa komentator liberal di Swedia berpendapat bahwa protes tersebut harus dianggap sebagai ujaran kebencian, yang dilarang di negara tersebut ketika menargetkan etnis atau ras.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1098 seconds (0.1#10.140)