7 Negara yang Punya Tol Bawah Laut, Salah Satunya Tetangga Indonesia

Rabu, 02 Agustus 2023 - 11:20 WIB
loading...
7 Negara yang Punya Tol Bawah Laut, Salah Satunya Tetangga Indonesia
Marina Coastal Expressway, tol bawah laut yang dimiliki Singapura. Singapura termasuk di antara tujuh negara yang memiliki tol bawah laut. Foto/The Straits Times
A A A
JAKARTA - Ada beberapa negara yang memiliki tol bawah laut sebagai sarana transportasi. Tol bawah laut dibuat sebagai bentuk modifikasi fasilitas transportasi untuk menghubungkan daerah satu dengan yang lain yang terpisahkan oleh laut.

Pada umumnya, jika ingin menyeberangi lautan, kapal menjadi satu-satunya kendaraan yang bisa digunakan. Namun seiring perkembangan zaman, negara-negara maju telah membangun tol di bawah laut supaya segala bentuk kendaraan darat bisa menyeberangi laut.



7 Negara yang Punya Tol Bawah Laut

1. Kanada


Kanada menjadi salah satu negara yang memiliki jalan tol di bawah permukaan laut. Terowongan George Massey menjadi satu-satunya terowongan jalan di bawah permukaan laut di negara tersebut.

Selain itu, terowongan George Massey juga tercatat sebagai terowongan pertama di British Columbia yang menggunakan teknologi immersed tube. Dibangun pada tahun 1957, terowongan jalan tol ini hanya sepanjang 0,6 km.

2. Amerika Serikat


Selanjutnya Amerika Serikat. Negara maju yang dipimpin oleh Presiden Joe Biden ini juga memiliki tol bawah laut. Terowongan Ted Williams adalah jalan tol di bawah laut yang ada di Kota Boston.

Terowongan yang mulai beroperasi pada tahun 1995 ini berfungsi menghubungkan Logan International Airports dan South Boston yang membentang sepanjang 3,5 km.

3. Mesir


Mesir juga memiliki tol bawah laut yang bernama Terowongan Ahmed Hamdi, yakni terowongan mobil sepanjang 1,63 km di bawah Terusan Suez di Shallufa. Terowongan ini diberi nama Ahmed Hamdi guna mengenang seorang jenderal Mesir.

Pertama kali dibuka pada tahun 1981, terowongan ini sangat lama tidak digunakan sebagai jalur transportasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1708 seconds (0.1#10.140)