PLA Ulang Tahun, Xi Jinping Serukan Kesiapan Tempur

Selasa, 01 Agustus 2023 - 21:05 WIB
loading...
PLA Ulang Tahun, Xi Jinping Serukan Kesiapan Tempur
PLA ulang tahun, Xi Jinping serukan kesiapan tempur. Foto/Ilustrasi
A A A
BEIJING - Presiden China Xi Jinping meminta angkatan bersenjatanegaranya untuk mempercepat modernisasi. Hal itu diungkapkannya saat berpidato jelang peringatan 96 tahun Tentara Pembebasan Rakyat (PLA).

Dalam pidatonya, kantor berita resmi Xinhua melaporkan, Jinping mengatakan militer harus memperluas kemampuan dan kesiapan tempurnya.

"Kita perlu mendorong peralatan baru dan pasukan baru untuk mempercepat pembentukan kemampuan tempur dan mengintegrasikan ke dalam sistem tempur," kata Jinping kepada komando teater barat Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat selama kunjungan Rabu lalu, Xinhua melaporkan pada hari Minggu, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (1/8/2023).

Menandai peringatan pada hari Selasa, sebuah editorial di surat kabar resmi PLA Daily mengatakan militer telah meningkatkan kemampuannya untuk melakukan tugas-tugas militer yang beragam di ruang yang lebih luas.

China telah memamerkan kekuatan militernya tahun ini, meningkatkan manuver dan latihan militer, menandakan bahwa kapal induk ketiga dan tercanggihnya akan segera memulai uji coba laut, serta mempererat hubungan militernya dengan Rusia.

Beberapa analis mengatakan bahwa langkah tersebut mencerminkan persepsi China tentang meningkatnya ancaman eksternal dari Amerika Serikat (AS) dan sekutunya, dan Beijing menggunakan otot militernya untuk mengirim pesan politik.



"Alasannya sederhana: dunia tidak damai dan lingkungan luar yang dihadapi China terus memburuk," kata analis militer China Song Zhongping, mencatat peningkatan intensitas dan frekuensi latihan China.

AS juga memperluas pengerahan regional dan mempererat hubungan dengan sekutu lama dan teman baru - memicu seruan dari pejabat China bahwa Washington harus menghindari pantai China jika dialog antara kedua militer akan dilanjutkan.

Drew Thompson, anggota peneliti senior di Sekolah Kebijakan Publik Lee Kuan Yew Universitas Nasional Singapura, mengatakan kepada Reuters bahwa latihan China lebih mewakili pesan politik daripada pesan militer.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2047 seconds (0.1#10.140)