Berani Menentang China, Pompeo Puji Keberanian Australia

Rabu, 29 Juli 2020 - 08:31 WIB
loading...
Berani Menentang China, Pompeo Puji Keberanian Australia
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo melemparkan pujian kepada Australia atas keberaniannya menghadapi tekanan yang datang dari China. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo melemparkan pujian kepada Australia atas keberaniannya menghadapi tekanan yang datang dari China . Canberra memilih mendukung Washington setelah menyebut klaim maritim Beijing atas Laut China Selatan ilegal atau melanggar hukum internasional.

Berbicara saat melakukan konferensi pers bersama dengan Menteri Luar Negeri Australia, Marise Payne di Washington, Pompeo mengatakan Washington dan Canberra akan terus bekerja sama untuk menegaskan kembali aturan hukum di Laut China Selatan.

( )

"Pemerintah Australia menolak segala klaim oleh China yang tidak sesuai dengan Konvensi PBB tentang Hukum Laut (UNCLOS) 1982, khususnya klaim maritim yang tidak mematuhi aturan tentang garis dasar, zona maritim dan klasifikasi fitur," bunyi surat tersebut.

Sementara itu, China telah mengirimkan pesan langsung sebagai tanggapan terhadap Australia yang menyatakan klaim Beijing di Laut China Selatan adalah ilegal. Beijing menuduh Canberra secara sembrono melakukan provokasi dan secara membabi buta mengikuti AS.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1649 seconds (0.1#10.140)