7 Bahaya Radioaktif yang Disebabkan Bom Nuklir

Senin, 31 Juli 2023 - 22:15 WIB
loading...
7 Bahaya Radioaktif yang Disebabkan Bom Nuklir
Bom nuklir memiliki dampak buruk bagi manusia hingga puluhan tahun. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Partikel radioaktif dari ledakan nuklir ternyata terdapat di setiap sudut dunia. Banyak orang khawatir dengan dampak buruk bom nuklir.

Tak mengherankan banyak banyak pihak menyerukan perlucutan senjata nuklir agar dunia semakin aman. Tapi, negara adikuasa justru menjadikan bom nuklir sebagai ajang untuk unjuk kekuatan.

Namun demikian, nuklir dari bom tidak terlalu disebut tidak terlalu berbahaya dalam jangka panjang dibandingkan dengan bencana pembangkit listrik tenaga nuklir.

Berikut adalah 7 bahaya dari partikel radioaktif yang disebabkan bom nuklir.

1. Radioaktif dapat bertahan di atmosfer selama bertahun-tahun

Ledakan nuklir menciptakan kejatuhan yang berbahaya — sisa bahan radioaktif yang melayang tinggi ke udara, mendingin menjadi debu, dan akhirnya mengendap kembali ke tanah, meracuni dalam prosesnya.

"Sebagian besar dampak dari ledakan nuklir membutuhkan waktu antara satu hari hingga satu minggu untuk kembali ke tanah," kata Zaijing Sun, fisikawan nuklir di University of Nevada, Las Vegas, dilansir Insider.

Sun mengungkapkan, beberapa kejatuhan ditendang begitu tinggi ke atmosfer, sejauh 50 mil, dapat bertahan selama beberapa bulan hingga bertahun-tahun sebelum jatuh kembali ke permukaan.

Sun bekerja sebagai bagian dari kelompok penelitian Kesehatan, Lingkungan, dan Deteksi Radiasi di UNLV yang mempelajari pengelolaan limbah radioaktif, serta penerapan radiologi dan fisika nuklir untuk penggunaan medis.

2. Radioaktif ada di dasar lautan

Para peneliti telah menemukan bukti kejatuhan nuklir di jaringan otot makhluk laut yang menghuni palung laut terdalam.

Radioaktif yang mencapai stratosfer dapat menempuh jarak jauh, bergerak mengikuti pola angin dan cuaca.

"Jadi jika sebuah bom nuklir besar diledakkan di Amerika Serikat, misalnya, dampaknya dapat mencapai Rusia, Eropa, atau China — ini adalah peristiwa global," kata Sun.

Contohnya, para ilmuwan telah mendeteksi dampak radioaktif dari uji coba bom nuklir di berbagai wilayah di seluruh dunia — dari tanah di Tunisia, hingga gletser kutub, dan bahkan di bagian terdalam samudra di jaringan otot krustasea tertentu yang hidup di parit samudra.

3. Kebanyakan orang Amerika membawa jejak radioaktivitas

Selama tahun 1950-an dan 60-an, pemerintah AS menguji lebih dari 500 bom nuklir dengan meledakkannya di atmosfer.

"Radioaktif dari lokasi uji coba Nevada, antara lain, membanjiri atmosfer dengan isotop radioaktif," kata Sun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1285 seconds (0.1#10.140)