Wagner Tidak Lagi Merekrut Tentara Bayaran

Senin, 31 Juli 2023 - 15:10 WIB
loading...
Wagner Tidak Lagi Merekrut Tentara Bayaran
Pemimpin kelompok tentara bayaran Yevgeny Prigozhin menegaskan tidak akan merekrut prajurit baru. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Kepala kelompok tentara bayaran Wagner Rusia Yevgeny Prigozhin mengatakan mereka tidak merekrut prajurit. Tetapi, Wagner kemungkinan akan melakukannya di masa depan.

Itu menjadikan masa depan Wagner dan Prigozhin tidak jelas sejak dia memimpin pemberontakan singkat melawan Presiden Rusia Vladimir Putin pada akhir Juni.

"Kami mendefinisikan tugas kami selanjutnya, yang garis besarnya menjadi semakin jelas. Tidak diragukan lagi, ini adalah tugas yang akan dilakukan atas nama kebesaran Rusia," kata Prigozhin dalam pesan suara, dilansir Reuters. Itu diterbitkan di Grey Zone, saluran Telegram yang berafiliasi dengan Wagner.

Setelah pemberontakan bulan Juni, Kremlin mengatakan para pejuang Wagner yang tidak ambil bagian akan dipindahkan ke tentara reguler, menandatangani kontrak dengan Kementerian Pertahanan.



Tampaknya menyinggung hal ini, Prigozhin mengatakan dalam pesan suara bahwa "sayangnya" beberapa tentaranya telah pindah ke "struktur kekuasaan" lain, tetapi dia mengatakan mereka ingin kembali bergabung ke Wagner.

“Selama tidak mengalami kekurangan personel, kami tidak berencana melakukan rekrutmen baru,” kata Prigozhin.

"Namun, kami akan sangat berterima kasih kepada Anda jika Anda tetap berhubungan dengan kami, dan segera setelah Ibu Pertiwi perlu membuat grup baru yang dapat melindungi kepentingan negara kami, kami pasti akan mulai merekrut," tutur Prigozhin.

Sejak pemberontakan, sebagian tentara Wagner telah pindah ke Belarusia dan mulai melatih pasukannya. Dalam komentar yang diterbitkan minggu lalu, Prigozhin juga mengatakan Wagner siap untuk lebih meningkatkan kehadirannya di Afrika.



Perannya di sana, terutama dalam mendukung pemerintah di Mali dan Republik Afrika Tengah, menjadi perhatian pemerintah Barat. Amerika Serikat menuduhnya melakukan kekejaman yang meluas dan menjatuhkan sanksi sebagai organisasi kriminal.

Prigozhin mengatakan itu bekerja sesuai dengan hukum negara tempatnya beroperasi. Pekan lalu dia menyambut baik kudeta militer di negara bagian Niger di Afrika barat dan membuat apa yang tampak seperti nada bagi para pejuangnya untuk menertibkan di sana.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1272 seconds (0.1#10.140)