8 Negara Termuda di Dunia, Nomor 5 Bertahan Hidup dari Pangkalan Militer AS

Minggu, 30 Juli 2023 - 20:39 WIB
loading...
8 Negara Termuda di Dunia, Nomor 5 Bertahan Hidup dari Pangkalan Militer AS
Republik Ceko dan Slovakia adalah hasil pembubaran Cekoslowaki dan menjadi negara termuda di dunia. Foto/Travel Earth
A A A
JAKARTA - Usia suatu negara ditentukan oleh faktor-faktor seperti perbatasan, budaya, dan orang-orangnya. Identitas suatu negara dan prinsip-prinsipnya sangat penting dan menyatukan warga negara.

Seperti halnya individu mana pun, bahkan identitas suatu negara akan berubah seiring waktu, karena populasinya atau pemerintahnya. Meski sudah ada sejak lama, beberapa daerah baru saja mendeklarasikan diri sebagai negara.

Melansir Travel Earth, ,isalnya, Armenia, salah satu negara tertua di dunia, didirikan pada 330 SM; tetapi negara itu mencapai kemerdekaannya dalam bentuknya yang sekarang hanya pada tahun 1991. Setelah kebebasan mereka dari Uni Soviet, mereka menjadi salah satu negara terbaru di dunia.

Demikian pula, banyak daerah yang pernah ada sepanjang sejarah, mengalami masa-masa sulit menjadi sebuah bangsa saat ini. Beberapa dari mereka harus menghadapi kekerasan dan pertumpahan darah untuk kemerdekaan, tetapi yang lain seperti Portugal mengalami transisi yang damai.

Berikut adalah 8 negara termuda di dunia.

1. Penaklukan Berbeda, Pertempuran Berbeda: Republik Sudan Selatan

8 Negara Termuda di Dunia, Nomor 5 Bertahan Hidup dari Pangkalan Militer AS

Foto/Travel Earth

Negara terbaru di dunia, Sudan Selatan, mendeklarasikan kemerdekaannya pada 9 Juli 2011. Negara ini terdiri dari 60 komunitas etnis dan 10 negara bagian Sudan.

Negara ini awalnya memperoleh kemerdekaannya pada tahun 1956 dari penjajahan Eropa dan Mesir, yang mengakibatkan lebih banyak kekerasan antara komunitas Muslim dan Kristen. Kesepakatan yang terbentuk pada 2005 akhirnya mengakhiri perang saudara.

Bahkan setelah menjadi negara merdeka pada tahun 2011, negara itu kembali mengalami perang saudara pada tahun 2013 ketika Presiden Salva Kiir Mayardit memecat seluruh kabinetnya.

Konflik ini berakhir pada tahun 2018 ketika Salva Kiir Mayardit menandatangani perjanjian pembagian kekuasaan dengan kelompok oposisinya dan Machar, seorang pemimpin pemberontak. Sudan Selatan terkenal dengan beragam satwa liar, hutan hujan, sabana, dan banyak lagi. Bepergian ke negara itu tidak disarankan karena COVID-19 dan statistik kejahatan yang meningkat.


2. Diperintah oleh Romawi Dan Serbia: Kosovo

8 Negara Termuda di Dunia, Nomor 5 Bertahan Hidup dari Pangkalan Militer AS

Foto/Travel Earth

Pernah menjadi bagian dari Serbia, Kosovo memperoleh kemerdekaan pada Februari 2008. Negara ini mengalami konflik berkelanjutan antara populasi Serbia dan Albania, yang mengakibatkan kebebasannya dari Serbia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1176 seconds (0.1#10.140)