8 Negara Termuda di Dunia, Nomor 5 Bertahan Hidup dari Pangkalan Militer AS

Minggu, 30 Juli 2023 - 20:39 WIB
loading...
A A A
Banyak negara termasuk Serbia dan Spanyol tidak mengakuinya sebagai sebuah negara. Seiring berjalannya sejarah, Kosovo diperintah oleh Romawi pada 1 M, dan pada abad ke-12, Serbia menguasai. Kemudian negara itu digabungkan dengan Federasi Yugoslavia pada tahun 1956.

Pada tahun 1991, Yugoslavia pecah menjadi negara-negara yang berbeda, orang Albania di Kosovo mencoba memperoleh kemerdekaan dengan perlawanan pasif dan gagal. Terlepas dari upaya tambahan oleh Tentara Pembebasan Kosovo, otoritas Serbia dan Yugoslavia menggunakan pembersihan etnis terhadap orang Albania.

Belakangan, perjanjian damai ditandatangani pada 1999 yang berujung pada kemerdekaan. Salah satu negara terbaru di dunia, Kosovo adalah tujuan pegunungan kuno, biara, dan seni.

3. Pecahnya Sisa-sisa Yugoslavia: Montenegro dan Serbia

Saat Montenegro memilih untuk merdeka, akhirnya menyelesaikan disintegrasi Yugoslavia. Montenegro mendeklarasikan kemerdekaannya dari Serbia yang mengakibatkan Serbia menjadi negara berdaulat yang berdiri sendiri.

Serbia berperang empat kali untuk menjadi Serbia Raya dan memegang kendali atas negara-negara yang merupakan bagian dari bekas Yugoslavia. Dalam referendum tahun 2006, 55 persen penduduk negara itu memilih kemerdekaan, sehingga negara tersebut muncul sebagai negara berdaulat.

Uni Eropa (UE) menegosiasikan kesepakatan itu dan merupakan kandidat untuk mendapatkan keanggotaan UE. Negara terdekat Montenegro dan Serbia adalah Kroasia, Bosnia, Kosovo, dan Albania yang menjadikannya tujuan liburan yang berkembang. Negara Montenegro yang baru terbentuk memiliki taman nasional, pegunungan, atraksi budaya, dan lanskap laut.


4. Memisahkan diri dari Indonesia: Timor Timur

8 Negara Termuda di Dunia, Nomor 5 Bertahan Hidup dari Pangkalan Militer AS

Foto/Travel Earth

Timor Timur menderita di bawah pemerintahan Indonesia sejak Portugis menyerahkan kendali pada tahun 1975. Invasi Indonesia pada tahun 1975 mengakibatkan sekitar 200.000 kematian.

Pada September 1999, sebuah referendum mencerminkan bahwa 78 persen pemilih lebih memilih kemerdekaan yang berujung pada kekerasan dan milisi anti kemerdekaan yang menewaskan sekitar 1.000 orang.

Perserikatan Bangsa-Bangsa turun tangan dan mendirikan Administrasi Transisi PBB di Timor Timur dan mendirikan kamp-kamp pengungsi. Pada bulan Februari 2002 majelis Timor Timur menerima rancangan konstitusi, dan Timor Timur dan Indonesia menandatangani perjanjian untuk masa depan yang damai.
Akhimya, pada tanggal 20 Mei 2002, Timor Timur menjadi salah satu negara terbaru di dunia dan mendeklarasikan kemerdekaannya. Pantai dan pulau yang masih alami, makanan laut yang lezat, beragam kesempatan untuk menjelajahi kehidupan bawah laut, dan mendaki pegunungan sambil berinteraksi dengan penduduk desa setempat adalah sekilas tentang apa yang ditawarkan Timor Lorosa'e.

5. Sekitar 300 Pulau Vulkanik: Palau

8 Negara Termuda di Dunia, Nomor 5 Bertahan Hidup dari Pangkalan Militer AS

Foto/Travel Earth

Pendukung besar pariwisata berkelanjutan, Palau memperoleh kemerdekaannya pada tahun 1994. Di antara negara-negara terbaru di dunia, Palau terdiri dari pulau-pulau karang dan vulkanik. Masih sebagai negara pemula, Palau menerima dukungan keuangan dari Amerika Serikat dengan imbalan mempertahankan pangkalan militernya di Palau.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1152 seconds (0.1#10.140)