Para Pemimpin Afrika Barat Bertemu Bahas Kudeta Niger, Junta Peringatkan Soal Intervensi

Minggu, 30 Juli 2023 - 14:00 WIB
loading...
Para Pemimpin Afrika Barat Bertemu Bahas Kudeta Niger, Junta Peringatkan Soal Intervensi
Pemimpin kudeta Nigeri peringatkan soal intervensi negara asing saat para pemimpin Afrika barat menggelar pertemuan. Foto/The Guardian
A A A
NIAMEY - Para pemimpin militer Niger memperingatkan terhadap setiap intervensi bersenjata di negara itu saat para pemimpin negara Afrika Barat berkumpul di Ibu Kota Nigeria untuk pertemua darurat. Itu dilakukan untuk memutuskan tindakan lebih lanjut untuk menekan tentara Niger memulihkan konstitusi.

Kepala negara dari 15 anggota Komunitas Ekonomi Negara Afrika Barat (ECOWAS), dan Persatuan Ekonomi dan Moneter Afrika Barat yang beranggotakan delapan negara dapat menangguhkan Niger dari institusinya, memutuskan negara itu dari bank sentral regional dan pasar keuangan, serta perbatasan dekat.

Tetangga timur Niger, Chad, bukan anggota kedua organisasi regional itu, telah diundang ke KTT ECOWAS, demikian pernyataan dari kantor presiden Chad, Sabtu.

Menurut Bank Dunia, Niger adalah salah satu negara termiskin di dunia, menerima hampir USD2 miliar per tahun dalam bantuan pembangunan resmi. Negara itu juga merupakan mitra keamanan bekas kekuatan kolonial Prancis dan Amerika Serikat, yang keduanya menggunakannya sebagai basis untuk melawan pemberontakan Islam di wilayah Sahel Barat serta Afrika Tengah yang lebih luas.



Para pemimpin Afrika Barat juga untuk pertama kalinya dapat mempertimbangkan intervensi militer untuk mengembalikan Presiden Mohamed Bazoum yang digulingkan ketika Jenderal Abdourahamane Tiani dinyatakan sebagai kepala negara baru pada hari Jumat.

Menjelang pertemuan itu, para pemimpin militer di Niger pada Sabtu malam, memperingatkan dalam sebuah pernyataan terhadap intervensi militer apa pun yang dibacakan di televisi nasional Niger pada Sabtu malam.

"Tujuan pertemuan (ECOWAS) adalah untuk menyetujui rencana agresi terhadap Niger melalui intervensi militer di Niamey bekerja sama dengan negara-negara Afrika lainnya yang bukan anggota ECOWAS, dan negara-negara barat tertentu," kata juru bicara junta Kolonel Amadou Abdramane.

"Kami ingin sekali lagi mengingatkan ECOWAS atau petualang lainnya, tentang tekad kuat kami untuk mempertahankan tanah air kami," imbuhnya seperti dikutip dari Reuters, Minggu (30/7/2023).

Junta mengeluarkan pernyataan kedua pada Sabtu malam yang mengundang warga di ibu kota turun ke jalan mulai pukul 07.00 waktu setempat untuk memprotes ECOWAS dan menunjukkan dukungan kepada para pemimpin militer baru.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2471 seconds (0.1#10.140)