5 Fakta Jenderal Abdourahamane Tiani, Komandan Paspamres yang Jadi Presiden Baru Niger

Sabtu, 29 Juli 2023 - 16:48 WIB
loading...
5 Fakta Jenderal Abdourahamane Tiani, Komandan Paspamres yang Jadi Presiden Baru Niger
Jenderal Abdourahamane Tiani, komandan paspamres yang menjadi presiden baru Niger. Foto/Reuters
A A A
NIAMEY - Jenderal Abdourahamane Tiani, komandan pengawal kepresidenan Niger , diangkat sebagai kepala negara oleh dewan pemerintahan yang dibentuk oleh pasukan militer yang menggulingkan Presiden Mohammed Bazoum.

Berikut adalah 5 fakta tentang Jenderal Abdourahamane Tiani.

1. Asli Penduduk Niger

Tiani berasal dari Filingue, di wilayah Niger di Tillaberi, yang berbatasan dengan Mali.

2. Pernah Jadi Atase Militer di Jerman

Jenderal berusia 62 tahun dan mantan atase militer di kedutaan Niger di Jerman itu telah memimpin unit elit pengawal presiden sejak 2011.

3. Jenderal yang Banyak Berjasa

Melansir Reuters, dia adalah petugas pertama di lokasi ketika penerbangan UTA Prancis jatuh di dekat Bilma di Niger utara pada tahun 1989, menewaskan semua 170 orang di dalamnya, setelah ledakan bom koper. Dia dihormati karena telah mengamankan lokasi kecelakaan.

4. Berulang Kali Memimpin Operasi Militer

Dia juga menjabat sebagai kepala batalion di Agadez dan memimpin operasi militer di gurun Niger melawan penyelundup narkoba dan barang selundupan.

5. Meminta Dunia Internasional Mendukung Kudeta

Dalam sebuah pernyataan di televisi negara pada hari Jumat, Tiani meminta "mitra teknis dan keuangan serta teman-teman Niger untuk memahami situasi spesifik negara kami dan memberikan semua dukungan yang diperlukan untuk membantunya mengatasi tantangan yang dihadapinya".

Mengulangi bahwa tentara telah merebut kekuasaan karena keamanan yang memburuk di negara itu, Tiani berkata: "Kami tidak dapat melanjutkan dengan pendekatan yang sama yang diusulkan sejauh ini, karena berisiko menyaksikan hilangnya bangsa kami secara bertahap dan tak terelakkan".
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1935 seconds (0.1#10.140)