10 Pesawat Tempur Paling Canggih di Dunia, Teknologi Siluman Jadi Andalan

Sabtu, 29 Juli 2023 - 15:17 WIB
loading...
10 Pesawat Tempur Paling Canggih di Dunia, Teknologi Siluman Jadi Andalan
Sukhoi Su-57 merupakan salah satu jet tempur siluman buatan Rusia yang paling canggih di dunia. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Sering dikatakan oleh banyak pemimpin besar bahwa suatu negara hanya dapat berkembang jika perbatasannya aman. Angkatan udara yang kuat penting untuk menjaga keamanan wilayah udara suatu negara.

Melansir Edudwar, jet tempur canggih digunakan oleh berbagai angkatan udara untuk melindungi wilayah udara mereka. Selain itu, pesawat serang juga digunakan oleh angkatan udara untuk menghancurkan aset musuh di udara maupun di darat.

Berikut adalah 10 pesawat tempur terbaik di dunia.

10. JF 17 Thunder

10 Pesawat Tempur Paling Canggih di Dunia, Teknologi Siluman Jadi Andalan

Foto/Reuters

JF 17 Thunder adalah hasil usaha patungan Pakistan Aeronautical Complex (PAC) dan Chengdu Aircraft Corporation (CAC) China. Saat ini, Angkatan Udara Pakistan menggunakan pesawat ini dalam jumlah banyak.

Selain itu, banyak angkatan udara lain seperti Angkatan Udara Myanmar dan Angkatan Udara Nigeria juga menggunakan pesawat ini. JF-17 dirancang untuk mengerahkan rudal udara ke udara dan udara ke darat.

Peran – Angkatan Udara Tempur Multiperan

Asal Negara – Pakistan/ Cina

Pabrikan – Grup Industri Pesawat Chengdu/ Kompleks Penerbangan Pakistan

Pengguna Utama – Angkatan Udara Pakistan, Angkatan Udara Myanmar, Angkatan Udara Nigeria

Kapasitas Membawa Senjata Maksimum – 4.325 kg


9. HAL Tejas

10 Pesawat Tempur Paling Canggih di Dunia, Teknologi Siluman Jadi Andalan

Foto/Reuters

HAL Tejas akan menjadi tulang punggung Angkatan Udara India di tahun-tahun mendatang. Setelah penelitian ekstensif selama beberapa dekade, HAL telah mengembangkan pesawat tempur ini menggunakan desain sayap delta.

HAL Tejas sering dikatakan sebagai jet tempur terkecil di dunia. Meski kecil, daya dukung berat Tejas luar biasa. Pesawat dapat membawa sekitar 5.300 kg bom dan rudal.

Peran – Petarung Ringan Multiperan

Asal Negara – India

Pabrikan – Hindustan Aeronautics Limited

Pengguna Utama – Angkatan Udara India

Kapasitas Membawa Senjata Maksimum – 5.300 kg

8. Sukhoi Su 30 MKI

10 Pesawat Tempur Paling Canggih di Dunia, Teknologi Siluman Jadi Andalan

Foto/Reuters

Sukhoi 30 Mki merupakan pesawat tempur yang dikembangkan oleh Sukhoi khusus untuk memenuhi kebutuhan Angkatan Udara India. Jika kita berbicara tentang ukurannya, kita dapat mengatakan bahwa jet ini adalah raksasa.

Itu jauh lebih besar daripada banyak pesawat tempur lain di sekitarnya. Su 30 Mki juga dapat menembakkan rudal BrahMos yang merupakan rudal jelajah tercepat di dunia. Jet tempur ini memiliki 12 cantelan dan dapat membawa hingga 8.130 kg senjata.

Peran – Pesawat Multiperan/Pesawat Superioritas Udara

Asal Negara – Rusia/ India

Pabrikan – Hindustan Aeronautics Limited (Dirancang oleh Sukhoi)

Pengguna Utama – Angkatan Udara India

Kapasitas Membawa Senjata Maksimum – 8.130 kg


7. Boeing F – 15 Ex

Boeing (The McDonnell Douglas) adalah pesawat serang segala cuaca dari Amerika Serikat. Baru-baru ini, itu ditawarkan ke Angkatan Udara India untuk diekspor. Jet tempur multiperan ini diturunkan dari Mcdonnell Douglas F – 15 Eagle.

Itu adalah salah satu pesawat udara yang banyak digunakan oleh berbagai angkatan udara di seluruh dunia. Ukuran pesawat ini sangat besar. Itu dapat membawa beban senjata sekitar 10.400 Kg.

Peran – Pesawat tempur multiperan

Asal Negara – AS

Pabrikan – McDonnell Douglas, Boeing Defense, Space & Security

Pengguna Utama – Angkatan Udara Amerika Serikat, Angkatan Udara Kerajaan Saudi, Angkatan Udara Israel, Angkatan Udara Republik Korea

Kapasitas Membawa Senjata Maksimum – 23.000 lb

6. Eurofighter Typhoon

10 Pesawat Tempur Paling Canggih di Dunia, Teknologi Siluman Jadi Andalan

Foto/Reuters

Eurofighter sering dianggap sebagai dogfighter terbaik di dunia. Karena kelincahannya, petarung ini sangat diapresiasi. Terlepas dari kemampuan Udara ke Udara, Eurofighter juga luar biasa dalam kemampuan serangan Udara ke darat. Ini dikembangkan oleh NATO Eurofighter dan Tornado Management Agency, yang mewakili Inggris, Jerman, Italia, dan Spanyol.

Peran – Pesawat multiperan

Asal Negara – Pesawat multinasional

Pabrikan – Eurofighter Jagdflugzeug GmbH

Pengguna Utama – Angkatan Udara Austria, Angkatan Udara Jerman, Angkatan Udara Italia, Angkatan Udara Kuwait, Angkatan Udara Qatar, Angkatan Udara Kerajaan Oman, Angkatan Udara Spanyol, Angkatan Udara Kerajaan Saudi, Angkatan Udara Kerajaan

Kapasitas Membawa Senjata Maksimum – 9.000 kg

5.Dassault Rafale

10 Pesawat Tempur Paling Canggih di Dunia, Teknologi Siluman Jadi Andalan

Foto/Reuters

Dassault Rafale adalah pesawat bermesin ganda Prancis, pesawat tempur multiperan yang dirancang dan dibangun oleh Dassault Aviation.

Rafale adalah pesawat luar biasa yang dapat membawa semua jenis misi termasuk supremasi udara, pelarangan, pengintaian udara, dukungan darat, serangan mendalam, serangan anti-kapal, dan misi pencegahan nuklir. Rudal meteor dan SCALP milik Rafale sering dikatakan sebagai yang terbaik di dunia.

Peran – Pesawat multiperan

Asal Negara – Prancis

Produsen – Dassault Aviation

Pengguna Utama – Angkatan Udara dan Luar Angkasa Prancis, Angkatan Laut Prancis, Angkatan Udara Mesir, Angkatan Udara Qatar

Kapasitas Membawa Senjata Maksimum – 9.500 kg

4. Shenyang FC – 31

Shenyang FC – 31 umumnya dikenal sebagai J-31 atau J-35. Ini adalah jet tempur siluman bermesin ganda yang dikembangkan oleh Shenyang Aircraft Corporation.

Kekuatan utama pesawat ini adalah kemampuan silumannya. Itu dapat membawa bom dan senjata lain dengan berat 8.000 kg dengan empat amunisi dengan total 2.000 kg secara internal, dan 6.000 kg dilakukan pada enam cantelan eksternal.

Peran – Pesawat multiperan siluman

Asal Negara – China

Pabrikan – Shenyang Aircraft Corporation

Pengguna Utama – Ini akan digunakan oleh Angkatan Bersenjata China di masa mendatang.

Kapasitas Membawa Senjata Maksimum – 8.000 kg

3. Sukhoi Su – 57

Dengan kata sederhana, kita dapat mengatakan Sukhoi Su 57 adalah jawaban Rusia untuk F-22 AS. Ia memiliki beberapa kemampuan luar biasa seperti supercruise, supermaneuverability, stealth, dan avionik terintegrasi.

Kemampuan tersebut membuat Su 57 menjadi pesawat generasi kelima. Saat ini, Angkatan Udara dan Angkatan Laut Rusia adalah satu-satunya pengguna pesawat jenis ini. Namun, di masa mendatang, pesawat tempur ini juga akan tersedia untuk ekspor.

Peran – Pesawat Multiperan Siluman

Asal Negara – Rusia

Produsen – Sukhoi

Pengguna Utama – Angkatan Udara Rusia,

Kapasitas Membawa Senjata Maksimum – 7500 Kg

2. Lockheed Martin F – 35 II Lightning

10 Pesawat Tempur Paling Canggih di Dunia, Teknologi Siluman Jadi Andalan

Foto/Reuters

F – 35 adalah pembom tempur siluman yang dikembangkan oleh Lockheed Martin untuk Angkatan Bersenjata AS dan ekspor. Ini adalah pesawat tempur gabungan yang memiliki keahlian dari banyak negara seperti Inggris, Jepang, Jerman, Australia.

Ini adalah salah satu dari sedikit pesawat generasi ke-5 yang beroperasi penuh. Pesawat memiliki stasiun senjata internal dan eksternal yang dapat digunakan untuk misi siluman dan non-siluman. Baru-baru ini, pesawat ini digunakan oleh Israel selama konfliknya dengan Hamas.

Peran – Pesawat Multiperan Siluman

Asal Negara – Amerika Serikat

Pabrikan – Lockheed Martin

Pengguna Utama – Angkatan Udara Amerika Serikat, Korps Marinir Amerika Serikat, Angkatan Laut Amerika Serikat, Angkatan Udara Australia, Angkatan Udara Kerajaan, Angkatan Udara Israel

Kapasitas Membawa Senjata Maksimum – 8.200 kg

1. Lockheed Martin F – 22 Raptor

10 Pesawat Tempur Paling Canggih di Dunia, Teknologi Siluman Jadi Andalan

Foto/Reuters

Lockheed Martin F – 22 Raptor adalah pesawat tempur terbaik di dunia. Dengan sengaja, Amerika Serikat (AS) melarang ekspor F-22.

Banyak teknologi yang digunakan dalam pesawat ini belum diklasifikasikan oleh Amerika Serikat. Menurut banyak ahli, pesawat ini adalah alasan mengapa angkatan udara AS adalah yang terkuat di dunia. Kualitas utama pembom tempur ini adalah hampir tidak terlihat di radar.

Peran – Pesawat superioritas udara siluman

Asal Negara – AS

Pabrikan – Lockheed Martin Aeronautics, Boeing Defense, Space & Security

Pengguna Utama – Angkatan Udara Amerika Serikat

Kapasitas Membawa Senjata Maksimum – 8.200 kg
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0936 seconds (0.1#10.140)