5 Alasan Ukraina Butuh Jet Tempur JAS 39 Gripen Buatan Swedia

Senin, 24 Juli 2023 - 12:30 WIB
loading...
5 Alasan Ukraina Butuh Jet Tempur JAS 39 Gripen Buatan Swedia
Jet tempour buatan Swedia menjadi target permohonan bantuan militer yang diinginkan Ukraina. Foto/Reuters
A A A
KYIV - Baik Rusia maupun Ukraina belum mampu mendominasi langit selama perang 16 bulan mereka. Tetapi pesawat Rusia memiliki keunggulan teknologi dan unggul dalam hal jumlah.

Untuk melawan perang udara dengan lebih baik dan mendukung pasukan daratnya, Ukraina telah berulang kali meminta jet tempur F-16 dari negara-negara Barat, dan negara-negara tersebut bergerak untuk memasok mereka.

Berikut adalah 5 alasan kenapa Ukraina membutuhkan JAS 39 Gripen buatan Swedia.

1. Sesuai dengan Kebutuhan Ukraina

5 Alasan Ukraina Butuh Jet Tempur JAS 39 Gripen Buatan Swedia

Foto/Reuters

Menyesuaikan diri dengan F-16 yang dirancang Barat bisa menjadi tantangan bagi pilot Ukraina yang terbiasa dengan jet era Soviet. Tetapi Kyiv juga dilaporkan mencari pesawat tempur yang menurut para ahli mungkin lebih cocok untuk kebutuhan Ukraina yakni JAS 39 Gripen buatan Swedia.

Ukraina telah "mengincar mereka selama lebih dari satu dekade," kata Dmitri Alperovitch, pembawa acara podcast Geopolitik Decanted, pada episode baru-baru ini yang direkam setelah perjalanan ke Ukraina, dilansir Insider.

Menurut Alperovitch, para pejabat Ukraina mengatakan "mereka cukup berharap bahwa mereka mungkin bisa mendapatkan setidaknya beberapa dari mereka segera bahkan saat mereka sedang mengejar F-16."

Gripen dianggap baik oleh para ahli dan mungkin secara unik cocok untuk perang di Ukraina. Itu dapat mencapai Mach 2 dan terbang dengan kecepatan supersonik tanpa menggunakan afterburner, fitur yang dikenal sebagai super-cruise yang hanya dimiliki oleh beberapa jet, tidak satupun dari mereka Rusia.

2. Mengangkut Rudal yang Canggih

5 Alasan Ukraina Butuh Jet Tempur JAS 39 Gripen Buatan Swedia

Foto/Reuters

Selain rudal udara-ke-permukaan dan bom, Gripen dapat membawa rangkaian rudal udara-ke-udara yang tangguh, termasuk IRIS-T, AIM-120 AMRAAM, dan Meteor mutakhir, yang memiliki jangkauan lebih dari 60 mil dan dapat mengungguli rudal udara-ke-udara Rusia. Banyak negara Barat juga menggunakan senjata ini, yang dapat mempermudah pasokan ke Ukraina.

Rangkaian peperangan elektronik Gripen dilaporkan dikembangkan dengan mempertimbangkan sistem Rusia, yang akan terbukti berguna untuk melawan pertahanan udara Rusia.
5 Alasan Ukraina Butuh Jet Tempur JAS 39 Gripen Buatan Swedia

Foto/Reuters

3. Lebih Mudah Diadopsi Angkatan Udara Ukraina

Mengadopsi Gripen juga akan relatif mudah bagi Angkatan Udara Ukraina, karena sangat ramah pilot, menurut seorang pilot Gripen, dan hanya satu anggota awak darat jet yang perlu sangat terlatih untuk mempertahankannya. Gripen juga murah untuk dioperasikan, lebih murah per jam terbangnya dibandingkan F-16 dan pesawat lainnya, menurut studi Janes Strategic Services yang ditugaskan oleh Saab, produsen Gripen.

Gripen juga memiliki kemampuan lepas landas dan mendarat pendek, memungkinkannya menggunakan lapangan udara kecil dan bahkan jalan raya, yang akan sangat penting jika Rusia mengalahkan lapangan udara Ukraina yang lebih besar.

4. Ukraina Siap Mempopulerkan Gripen

Terlepas dari reputasi dan kemampuan Gripen yang luar biasa, Gripen telah kalah dalam beberapa kompetisi untuk mendapatkan kontrak, terutama karena jet siluman F-35 buatan AS.

Selain Swedia, yang hanya menerbangkan Gripen, jet tersebut hanya dioperasikan oleh lima negara lain. Itu juga belum pernah melihat pertempuran langsung, tetapi perang di Ukraina dapat menawarkan pesawat kesempatan untuk menunjukkan kemampuannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1056 seconds (0.1#10.140)