Harga Mati, Putin Sebut Status Netral Ukraina Fundamental Bagi Rusia

Sabtu, 29 Juli 2023 - 13:58 WIB
loading...
Harga Mati, Putin Sebut Status Netral Ukraina Fundamental Bagi Rusia
Presiden Vladimir Putin mengatakan status netral Ukraina fundamental bagi Rusia. Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Keanggotaan Ukraina di NATO merupakan ancaman eksistensial terhadap keamanan nasional Rusia dan tidak akan ditoleransi. Hal itu dikatakan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin kepada perwakilan beberapa negara Afrika.

"Dalam dokumen yang mengantar kemerdekaan Ukraina dari Uni Soviet, tertulis dalam hitam dan putih bahwa Ukraina adalah negara netral," Putin mengingatkan para pemimpin Afrika yang berkunjung, selama bagian publik dari pertemuan mereka di St. Petersburg.

Presiden Rusia itu mengacu pada deklarasi tahun 1990 yang memproklamasikan Soviet Ukraina sebagai negara berdaulat yang akan berusaha untuk menjadi negara netral secara permanen.

“Ini adalah kepentingan mendasar. Mengapa Barat mulai menyeret Ukraina ke NATO tidak begitu jelas bagi kami. Tapi ini menciptakan, menurut kami, ancaman mendasar bagi keamanan kami,” ucap Putin.

"Kami tidak dapat menerima kemajuan infrastruktur militer menuju perbatasan kami dari sebuah blok yang secara de facto memusuhi kami," presiden Rusia itu menambahkan seperti dikutip dari Russia Today, Sabtu (29/7/2023).



Putin dan beberapa anggota misi perdamaian Uni Afrika bertemu untuk membahas konflik Ukraina, setelah KTT Rusia-Afrika selama dua hari yang dihadiri oleh perwakilan 49 negara dari benua tersebut.

Sementara Rusia selalu mengatakan siap untuk bernegosiasi untuk mengakhiri permusuhan, kata Putin, Ukraina telah mengeluarkan undang-undang yang melarang pembicaraan dengan Moskow dan mengingkari perjanjian yang dinegosiasikan pada Maret 2022 di Istanbul.

Menurut Putin, selama pertemuan tahun lalu di Turki, delegasi Ukraina pada awalnya setuju untuk menandatangani pakta netralitas yang juga akan membatasi senjata berat dan perangkat keras Ukraina. Namun, kesepakatan awal telah dibuang tak lama kemudian, kata pemimpin Rusia itu awal tahun ini.

Pejabat Ukraina meninggalkan negosiasi setelah menuduh militer Rusia melakukan kekejaman di Bucha dan daerah lain di sekitar ibu kota negara. Moskow membantah bahwa pasukannya membunuh warga sipil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1158 seconds (0.1#10.140)