Rusia Menolak Kembali ke Kesepakatan Biji-bijian Laut Hitam

Rabu, 26 Juli 2023 - 03:40 WIB
loading...
Rusia Menolak Kembali ke Kesepakatan Biji-bijian Laut Hitam
Rusia menolak kembali ke kesepakatan biji-bijian Laut Hitam. Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Rusia menolak seruan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres agar Moskow bergabung kembali ke kesepakatan ekspor biji-bijian Laut Hitam. Kremlin mengatakan Rusia tidak mungkin kembali ke kesepakatan sampai kesepakatan terkait dengan kepentingan Rusia dihormati.

Sebelumnya pada hari Senin, Guterres mendesak Rusia untuk melanjutkan mengizinkan Ukraina mengekspor biji-bijian dengan aman dari pelabuhannya meskipun Rusia menjalankan apa yang disebut sebagai "operasi militer khusus", sejalan dengan proposal yang dia buat kepada Presiden Vladimir Putin.

Tetapi Kremlin menyatakan proposal Guterres tidak menjawab keluhan utamanya: bahwa tidak ada kemajuan dalam kesepakatan terkait yang dirancang untuk memfasilitasi ekspor makanan dan pupuk Rusia di tengah sanksi Barat yang diberlakukan sebagai tanggapan atas perang.



"Memang, surat Tuan Guterres sekali lagi menetapkan semacam rencana aksi dan berisi janji bahwa pada titik tertentu akan memungkinkan untuk menerapkan bagian Rusia dari pengaturan ini," kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov kepada wartawan.

"Sayangnya, saat ini tidak mungkin untuk kembali ke kesepakatan karena (perjanjian terkait Rusia) tidak dilaksanakan, dan secara de facto tidak pernah dilaksanakan," sambungnya seperti dikutip dari Reuters, Rabu (26/7/2023).

Bagaimanapun, Peskov mengatakan Putin telah menjelaskan, bahwa Moskow akan siap untuk menghidupkan kembali kesepakatan ketika memorandum terkait dengan Rusia dipenuhi.



Kesepakatan itu, yang ditengahi oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Turki Juli lalu, bertujuan untuk membantu mencegah krisis pangan global dengan mengizinkan biji-bijian yang diblokir oleh perang di Ukraina untuk diekspor dengan aman.

Peskov mengatakan penting bagi Rusia untuk membahas pasokan biji-bijian dengan negara-negara Afrika pada pertemuan puncak Rusia-Afrika yang dihelat Kamis dan Jumat mendatang.

Rusia telah berbicara tentang kemungkinan memasok biji-bijian murah atau gratis ke negara-negara termiskin di Afrika.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1149 seconds (0.1#10.140)