Kibuli Ukraina, Rusia Menggambar Jet Tempur Dekat Crimea sebagai Umpan

Selasa, 25 Juli 2023 - 00:57 WIB
loading...
Kibuli Ukraina, Rusia Menggambar Jet Tempur Dekat Crimea sebagai Umpan
Rusia menggambar objek mirip jet tempur di pangkalannya di dekat Crimea untuk menipu drone dan satelit Ukraina. Foto/Brady Africk/via Newsweek
A A A
MOSKOW - Militer Rusia mencoba menipu intelijen Ukraina dengan trik murahan, yakni dengan menggambar jet tempur di pangkalan udara Yeysk dekat Crimea sebagai umpan.

Pakar intelijen sumber terbuka Brady Africk membagikan citra satelit yang menunjukkan apa yang dia sebut sebagai upaya nyata militer Moskow untuk membingungkan drone dan satelit Kyiv.

"Pasukan Rusia melukis area pangkalan udara Yeysk yang baru dibangun menyerupai pesawat militer," tulis Africk di Twitter dengan mengunggah gambar satelit yang diambil dari 26 Juni hingga 16 Juli.

Gambar terakhir menunjukkan objek mirip lima pesawat tempur yang diparkir, salah satunya sudah lebih dari tiga minggu sebelumnya.



Pangkalan udara itu terletak di dekat kota Yeysk, di wilayah Krasnodar barat daya Rusia, di Laut Azov, dekat Semenanjung Crimea.

Crimea adalah wilayah yang dianeksasi Rusia dari Ukraina pada 2014. Versi Moskow, wilayaah itu melepaskan diri dari Ukraina dan memilih bergabung dengan Rusia melalui referendum.

“Umpan ini dibuat selama beberapa bulan terakhir di pangkalan, yang merupakan salah satu dari beberapa yang digunakan oleh pesawat Rusia yang beroperasi di Ukraina,” imbuh Africk, sebagaimana dilansir dari Newsweek, Senin (24/7/2023).

Rusia dilaporkan telah menggunakan umpan selama perang di Ukraina. Menurut laporan The Telegraph, segera setelah dimulainya invasi, pejabat intelijen AS mengatakan bahwa rudal Iskander-M Moskow, yang diyakini ditembakkan dari peluncur bergerak di Belarusia dan Rusia, mengerahkan amunisi berbentuk panah sebagai umpan untuk mengelabui sistem pertahanan udara Ukraina.

Bahkan sebelum dimulainya invasi Moskow, dilaporkan bahwa Rusia telah mengerahkan "umpan tiup" menyerupai tank, misil, dan jet tempur untuk menipu Kyiv dan sekutunya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1342 seconds (0.1#10.140)