37 Jet Tempur China Terabas Langit Taiwan Jelang Latihan Tempur

Minggu, 23 Juli 2023 - 13:54 WIB
loading...
A A A
Sementara kedua pemerintah telah mengizinkan hubungan ekonomi untuk berkembang selama bertahun-tahun, prospek rekonsiliasi politik apa pun tampaknya berada pada titik terendah sepanjang waktu karena Taiwan menegaskan identitasnya sendiri, sementara China ingin pulau itu menerima persyaratannya untuk penyatuan.

China telah melakukan latihan militer yang semakin rumit di sekitar pulau itu termasuk mempraktikkan pemblokiran akses melalui laut, dan mengirim sejumlah besar pesawat militer melintasi Selat untuk menguji respons angkatan udara Taiwan.

Beijing juga berulang kali menyatakan ketidaksenangannya terhadap pejabat dari negara lain yang mengunjungi Taiwan untuk melakukan pembicaraan, termasuk dari negara Barat.



Amerika Serikat (AS) mempertahankan hubungan tidak resmi yang kuat dengan Taiwan, dan telah berjanji untuk membantu pulau itu mempertahankan diri jika terjadi invasi sementara tidak secara resmi mengakuinya sebagai negara terpisah.

Ketidaksenangan China terhadap aktivitas politik Taiwan telah meningkat sejak mantan Ketua DPR AS Nancy Pelosi mengunjungi Taiwan pada bulan Agustus tahun lalu.

Setelah kunjungan Pelosi ke pulau itu, militer China menembakkan rudal ke Taiwan dalam peningkatan yang signifikan.

Eskalasi yang meningkat telah mengganggu jalur perdagangan di Selat Taiwan dan juga memaksa pesawat untuk mengubah rute penerbangan.

Setelah Presiden Taiwan Tsai Ing-wen bertemu dengan Ketua DPR AS saat ini Kevin McCarthy, militer China mengadakan latihan kesiapan tempur skala besar di udara dan laut di sekitar pulau.

Tekanan dari China di panggung internasional membuat hanya 13 negara yang memiliki hubungan formal dengan Taipei. Honduras, yang berada di urutan ke-14, memutuskan hubungan dengan Taiwan setelah menyatakan dapat menerima investasi hingga USD10 miliar dari China dalam proyek infrastruktur Honduras.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2274 seconds (0.1#10.140)