Kebakaran Hutan Dahsyat Paksa Ribuan Wisatawan Tinggalkan Hotel

Minggu, 23 Juli 2023 - 06:37 WIB
loading...
Kebakaran Hutan Dahsyat Paksa Ribuan Wisatawan Tinggalkan Hotel
Kebakaran hutan dahsyat di Pulau Rhodes Yunani membuat ribuan wisawatan dievakuasi dari hotel. Foto/RNZ
A A A
ATHENA - Ribuan orang dievakuasi dari rumah dan hotel di pulau Rhodes Yunani setelah kebakaran hutan melanda sebagian besar pulau itu. Dinas pemadam kebakaran negara itu menggambarkan kebakaran tersebut sebagai yang paling sulit dihadapi saat ini.

Diperkirakan lebih dari 3.500 orang telah dipindahkan melalui jalur darat dan laut ke lokasi yang lebih aman.

Pulau ini telah berjuang melawan kebakaran hutan yang dipicu oleh angin kencang sejak Selasa, di tengah gelombang panas di Eropa.

"Tidak ada korban cedera yang dilaporkan," kata Kementerian Krisis Iklim dan Perlindungan Sipil di Yunani seperti dikutip dari BBC, Minggu (23/7/2023).

Dikatakan para wisatawan dievakusi dari daerah yang terkena dampak kebakaran hutan Rhodes - yang mewakili kurang dari 10% dari akomodasi wisata pulau itu - dan dialihkan ke hotel lain di pulau itu.

Lima helikopter dan 173 petugas pemadam kebakaran beroperasi di daerah tersebut, dengan tiga hotel di daerah Kiotari dilaporkan rusak akibat kebakaran. Area Laerma, Lardos dan Asklipio juga terpengaruh kebakaran hutan.

Perahu pribadi bergabung dengan penjaga pantai Yunani dalam membantu menjemput orang dari pantai di sebelah timur pulau. Kapal angkatan laut Yunani juga dilaporkan menuju ke daerah yang populer di kalangan wisatawan.

Wakil kepala pemadam kebakaran Ioannis Artophios mengatakan feri tersedia untuk menampung orang. Yang lainnya ditempatkan di stadion dalam ruangan di pulau itu, menurut wakil walikota pulau itu.

Artophios menambahkan bahwa petugas pemadam kebakaran sering berjuang menghadapi kebakaran hutan di Rhodes karena hutan lebat di pulau itu yang membuatnya menjadi tujuan wisata yang menarik.

Televisi Yunani menunjukkan antrean panjang turis dengan koper dibawa ke tempat aman, dengan latar belakang asap.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2111 seconds (0.1#10.140)