Haruskah Indonesia Makin Waspada? AS Tempatkan USS Canberra di Australia

Sabtu, 22 Juli 2023 - 17:28 WIB
loading...
Haruskah Indonesia Makin Waspada? AS Tempatkan USS Canberra di Australia
USS Canberra tiba di Sydney untuk memperkuat armada perang Australia. Foto/Reuters
A A A
SYDNEY - Kapal perang pesisir USS Canberra secara resmi ditugaskan di Australia . Itu akan menjadi kapal Amerika Serikat (AS) pertama dalam armada negara itu.

"Kapal Angkatan Laut Amerika Serikat (AS), USS Canberra, akan ditugaskan di Sydney , menjadi kapal AS pertama yang ditugaskan di Australia," demikian pernyataan Kementerian Pertahanan Australia, dilansir RT.

Sebenarnya kehadiran USS Canberra itu sebagai sinyal ancaman bagi China. Tapi, Indonesia juga patut waspada karena berbatasan langsung dengan Australia. Apalagi, konflik Australia dan China dipastikan akan berdampak langsung dengan Indonesia.



Upacara peresmian berlangsung di pangkalan HMAS Kuttabul di Sydney, tambah kementerian itu. USS Canberra memiliki "hubungan yang membanggakan dengan industri Australia", yang dirancang oleh pembuat kapal Australia Austal Limited di Fremantle di negara bagian Australia Barat.

"Warga Australia dapat bangga bahwa kapal ini, yang dirancang di Australia Barat oleh industri lokal dan dinamai HMAS Canberra, ditugaskan di sini untuk pertama kalinya dalam sejarah Angkatan Laut Amerika Serikat," kata Wakil Perdana Menteri Australia Richard Marles.

Pejabat senior tersebut juga menekankan bahwa komisioning tersebut memberikan kesempatan untuk merefleksikan kerja sama antara Canberra dan Washington.

Australia dikenal sebagai salah satu mitra utama Amerika Serikat di Asia-Pasifik, dengan kedua negara, ditambah Inggris, berpartisipasi dalam aliansi keamanan AUKUS di mana Canberra akan memperoleh kapal selam bertenaga nuklir.



Apa kelebihan USS Canberra? Itu merupakan sebuah kapal perang pesisir dengan awak 50 orang. Sangat lincah dan mampu mencapai kecepatan hingga 40 knot, kapal tempur ini merupakan kapal kedua di angkatan laut AS yang dinamai menurut nama kota non-Amerika.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1187 seconds (0.1#10.140)