Vladimir Putin Ancam Polandia, NATO Siap Pasang Badan

Sabtu, 22 Juli 2023 - 11:17 WIB
loading...
Vladimir Putin Ancam Polandia, NATO Siap Pasang Badan
Presiden Rusia Vladimir Putin mengancam akan bertindak terhadap Warsawa jika Polandia melakukan agresi terhadap Belarusia. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin menuduh anggota NATO; Polandia, memiliki ambisi teritorial di bekas Uni Soviet termasuk Belarusia. Dia mengancam akan bertindak terhadap Warsawa jika melakukan agresi terhadap Belarusia.

"Moskow akan bereaksi untuk setiap agresi terhadap Belarusia, yang membentuk 'Negara Persatuan' yang longgar dengan Rusia, dengan segala cara yang kami miliki," kata Putin dalam pertemuan Dewan Keamanan Rusia hari Jumat yang disiarkan televisi, yang dilansir Reuters, Sabtu (22/7/2023).

Polandia menyangkal memiliki ambisi teritorial apa pun di Belarusia.



Kantor berita pemerintah; PAP, mengutip Sekretaris Komite Keamanan Polandia, melaporkan Komite juga memutuskan untuk memindahkan unit militer ke Polandia timur setelah anggota pasukan tentara bayaran Wagner Rusia tiba di Belarusia.

Dalam sambutannya, Putin juga menyatakan bahwa bagian barat Polandia adalah hadiah dari pemimpin Soviet Joseph Stalin untuk negara tersebut dan bahwa Rusia akan mengingatkan orang Polandia tentang hal itu.

Pernyataan Putin ini membuat Warsawa marah. Kementerian Luar Negeri Polandia akan memanggil diplomat Rusia di Warsawa untuk menyampaikan protes.

Bagi Polandia, Stalin adalah sosok penjahat.

Sementara itu, Jerman dan NATO menyatakan siap mendukung Polandia sebagai anggota aliansi. Menteri Pertahanan Jerman Boris Pistorius saat berada di Praha mengatakan NATO akan mempertahankan sayap timur.

"Di mana mitra Polandia membutuhkan dukungan, mereka akan menerimanya," kata Pistorius pada konferensi pers dengan mitranya dari Ceko di Praha.

"Mereka adalah mitra NATO dan sekutu NATO yang dapat diandalkan, jadi kami dapat dengan yakin mengatakan bahwa kami siap."
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1737 seconds (0.1#10.140)