Presiden Putin Ancam Polandia

Sabtu, 22 Juli 2023 - 00:57 WIB
loading...
Presiden Putin Ancam Polandia
Presiden Rusia Vladimir Putin mengancam Polandia. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin mengklaim para pemimpin Polandia berencana untuk membentuk koalisi yang didukung NATO untuk campur tangan dalam konflik Ukraina dan mengambil alih bagian barat Ukraina.

Berbicara pada pertemuan dengan anggota tetap Dewan Keamanan Rusia, Putin mengatakan pemerintah di Kiev bersedia melakukan apa saja untuk tetap berkuasa, termasuk menjual rakyatnya sendiri dan menyerahkan wilayah Ukraina kepada "pemilik asing."



Baris pertama, menurut presiden Rusia, adalah orang Polandia, yang dia klaim “mungkin berharap untuk membentuk semacam koalisi di bawah 'payung NATO' dan secara langsung campur tangan dalam konflik di Ukraina, untuk kemudian 'merobek' bagian yang lebih besar untuk diri mereka sendiri, untuk mendapatkan kembali, seperti yang mereka yakini, wilayah sejarah mereka - Ukraina barat hari ini.

Selama pertemuan, kepala Badan Intelijen Asing (SVR) Rusia, Sergei Naryshkin, juga menuduh bahwa Warsawa sedang mempertimbangkan untuk merebut wilayah barat Ukraina dengan mengerahkan pasukannya sendiri ke wilayah tersebut sebagai bagian dari inisiatif keamanan Polandia-Lithuania-Ukraina.

Menurut Naryshkin, pejabat Polandia secara bertahap menyadari bahwa "masalah kekalahan Ukraina hanyalah masalah waktu", terlepas dari jumlah bantuan militer Barat yang dikirim ke Kiev.



Mengomentari laporan SVR, Putin menyarankan bahwa tujuan sebenarnya dari koalisi semacam itu hanya untuk menduduki wilayah Ukraina. “Prospeknya jelas – jika unit Polandia masuk, misalnya, Lvov atau wilayah lain di Ukraina, mereka akan tetap di sana. Dan mereka akan tetap di sana selamanya.”

Putin juga mencatat bahwa “diketahui” bahwa Warsawa “bermimpi” juga mengklaim sebagian wilayah Belarusia.

Pemimpin Rusia memperingatkan, bagaimanapun, bahwa sementara Ukraina memiliki hak untuk menjual wilayahnya sendiri sebanyak yang diinginkannya, ketika menyangkut Belarusia, setiap agresi terhadap bagian dari Negara Persatuan akan berarti agresi terhadap Rusia.

“Kami akan menanggapi ini dengan segala cara yang kami miliki,” kata Putin.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1961 seconds (0.1#10.140)