14 Jenderal Rusia Dibunuh Tentara Ukraina, Nomor 7 Panglima Perang dari Chechnya

Minggu, 16 Juli 2023 - 23:49 WIB
loading...
14 Jenderal Rusia Dibunuh Tentara Ukraina, Nomor 7 Panglima Perang dari Chechnya
Letnan Jenderal Oleg Tsokov merupakan salah satu petinggi militer Rusia yang tewas dalam perang di Ukraina. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Sejak invasi Rusia ke Ukraina pada Februari 2022, dilaporkan telah kehilangan banyak jenderal dan komandan tertinggi dalam konflik tersebut.

Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan pada Mei 2022 bahwa komandan senior Rusia bahkan dipindahkan ke garis depan untuk memimpin operasi secara pribadi saat invasi terhenti.

Namun, rudal jarak jauh yang dipasok oleh Barat pada tahun lalu, termasuk HIMARS dan Storm Shadows, telah memungkinkan Ukraina untuk menargetkan perwira Rusia bahkan jika mereka berada lebih jauh ke belakang.

Pada 12 Juli 2023, dilaporkan bahwa Letnan Jenderal Oleg Tsokov, perwira tertinggi Rusia yang tewas sejauh ini dalam konflik tersebut, oleh serangan Storm Shadow.

Berikut adalah 14 Jenderal militer Rusia yang tewas dihabisi tentara Ukraina.

1. Andrei Sukhovetsky

Mayor Jenderal Andrei Sukhovetsky adalah petinggi militer Rusia yang pertama tewas setelah dilaporkan tewas akibat tembakan penembak jitu.

Sukhovetsky adalah panglima Divisi Lintas Udara ke-7 Rusia dan wakil komandan Pasukan Senjata Gabungan ke-41.

2. Vitaly Gerasimov

Mayor Jenderal Vitaly Gerasimov menjadi komandan senior kedua Rusia yang dilaporkan tewas setelah intelijen militer Ukraina mengklaim dia ditembak mati di Kharkiv.

Namun, kematiannya kemudian diperdebatkan oleh Rusia, dan media Rusia melaporkan bahwa dia masih hidup dan dianugerahi Ordo Alexander Nevsky.

3. Andrey Kolesnikov

Militer Ukraina mengatakan dalam sebuah twit bahwa mereka membunuh Mayor Jenderal Rusia Andrey Kolesnikov. Dia diyakini sebagai komandan Tentara Senjata Gabungan ke-29.

Kematiannya akan menjadikannya jenderal top Rusia ketiga yang terbunuh.

4. Oleg Mityaev

Rusia dilaporkan kehilangan jenderal keempatnya setelah Mayor Jenderal Oleg Mityaev, yang terbunuh dalam serangan Rusia di kota Mariupol, demikian tulis Anton Gerashchenko, penasihat Kementerian Dalam Negeri Ukraina, di Telegram.

5. Andrei Mordvichev

Letnan Jenderal Rusia Andrei Mordvichev adalah komandan Angkatan Darat Umum ke-8 Distrik Militer Selatan Angkatan Bersenjata dan meninggal karena "menembak musuh," kata staf umum tentara Ukraina di Twiter.

Jenderal itu dilaporkan tewas ketika pasukan Ukraina menyerang sebuah lapangan terbang di Chornobayivka, dekat Bandara Kherson, yang digunakan sebagai pangkalan sementara Rusia. Itu diungkapkan Oleksiy Arestovych, mantan penasihat presiden, kepada media lokal Interfax.

Kremlin belum mengkonfirmasi kematian sang jenderal.

Kematian Mordvichev telah diperdebatkan, sebagaimana The Times of London mengatakan bahwa dia difoto dengan pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov setelah laporan kematiannya.

6. Yakov Rezantsev

Ukraina mengatakan telah membunuh Letnan Jenderal Yakov Rezantsev, komandan Angkatan Darat Gabungan ke-49 Rusia dan salah satu pejabat militer berpangkat tertinggi. Itu dilaporkan Illia Ponomarenko dari The Kyiv Independent.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1314 seconds (0.1#10.140)