China: NATO Adalah Pembuat Onar yang Sebenarnya

Jum'at, 14 Juli 2023 - 16:57 WIB
loading...
China: NATO Adalah Pembuat Onar yang Sebenarnya
China sebut NATO adalah pembuat onar yang sebenarnya. Foto/REUTERS
A A A
NEW YORK - China blakblakan menyebut NATO sebagai aliansi pembuat onar yang sejati. Komentar itu sebagai balasan setelah Beijing dituduh mengejar kebijkan yang menantang kepentingan aliansi militer pimpinan Amerika Serikat (AS) tersebut.

"Seperti dibuktikan oleh fakta yang tak terhitung jumlahnya, pembuat onar yang sebenarnya tidak lain adalah NATO," kata Perwakilan Tetap China untuk PBB Zhang Jun, seperti dikutip Xinhua, Jumat (14/7/2023).

"Blok tersebut menggambarkan dirinya sebagai juara 'tatanan internasional berbasis aturan', tetapi telah berulang kali melanggar hukum internasional, mencampuri urusan dalam negeri negara lain, memprovokasi banyak perang, mengebom fasilitas diplomatik, [dan] membunuh warga sipil tak berdosa," papar diplomat China tersebut.



Menurutnya, NATO telah sepenuhnya merangkul pemikiran Perang Dingin dan prasangka ideologis karena terus menimbulkan ketegangan global.

Zhang Jun membalas komunike yang dikeluarkan oleh anggota NATO di KTT Vilnius, yang menuduh China mengejar kebijakan koersif yang menantang kepentingan blok tersebut.

Komunike itu juga mengklaim bahwa Beijing menggunakan beragam alat untuk meningkatkan jejak globalnya dan merusak keamanan aliansi.

Zhang Jun menolak klaim itu sebagai fitnah yang dia sebut telah mencoreng China, mengklaim bahwa blok militer pimpinan AS masih terjebak dalam mentalitas Perang Dingin.

Dia mengatakan NATO yang menggambarkan dirinya sebagai organisasi regional telah melanggar prinsipnya dengan memasuki kawasan Asia-Pasifik. "Dan membawa lebih banyak dampak negatif dan faktor destruktif pada keamanan regional dan global," paparnya.

Zhang mengatakan meskipun NATO mengeklaim sebagai aliansi pertahanan, aliansi itu telah mendorong anggotanya untuk meningkatkan pengeluaran militer, terus melintasi perbatasan, dan memprovokasi konfrontasi.

"Setiap anggota NATO mengejar standar ganda, mempromosikan pembagian nuklir, 'aliansi nuklir', dan semakin memperburuk ketegangan regional. Banyak fakta telah membuktikan bahwa NATO adalah pembuat onar yang sebenarnya," paparnya.

“China tidak menimbulkan masalah, tetapi tidak takut akan masalah,” kata Zhang, seraya menambahkan bahwa Beijing akan dengan tegas menentang perambahan apa pun terhadap integritas teritorial dan kepentingan nasional China.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1069 seconds (0.1#10.140)