Jadi Anggota VIP Wagner, Jenderal Armageddon Rusia Menghilang Tanpa Jejak sejak Kudeta

Jum'at, 14 Juli 2023 - 16:22 WIB
loading...
Jadi Anggota VIP Wagner, Jenderal Armageddon Rusia Menghilang Tanpa Jejak sejak Kudeta
Jenderal Sergey Surovikin alias Jenderal Armageddon Rusia (kiri) menghilang tanpa jejak sejak kudeta singkat tentara bayaran Wagner Group bulan lalu. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Jenderal Sergei Surovikin, yang tercatat sebagai anggota VIP tentara bayaran Wagner Group, menghilang tanpa jejak sejak kudeta singkat Wagner di Rusia 24 Juni lalu.

Surovikin, yang dijuluki sebagai Jenderal Armageddon, adalah wakil komandan perang Rusia di Ukraina sebelum Wagner memberontak dan sang jenderal menghilang misterius. Dia juga dikenal sebagai sekutu bos Wagner Yevgeny Prigozhin.

Andrei Kartapolov, Ketua Komite Pertahanan Parlemen Rusia, seperti dikutip BBC, Jumat (14/7/2023), mengatakan: "Dia sedang beristirahat dan tidak dapat dihubungi".



Jenderal Surovikin terakhir terlihat di depan umum dalam sebuah video selama pemberontakan Wagner, di mana dia mendesak pasukan Wagner untuk menghentikan aksi mereka.

Laporan media setempat beberapa hari kemudian mengatakan sang jenderal telah ditangkap, namun jejak keberadaannya tidak diketahui.

Seorang blogger yang dekat dengan militer Rusia mengatakan ada laporan yang belum dikonfirmasi bahwa sang jenderal berada di penjara terkenal di Moskow; Matrosskaya Tishina. Laporan sebelumnya, Surovikin dijebloskan ke penjara Lefortovo.

Namun, pada hari Kamis, pejabat kota Moskow Alexei Melnikov mengatakan dia telah mengunjungi penjara Matrosskaya Tishina serta dua penjara lain di ibu kota dan Jenderal Surovikin tidak ada di salah satu penjara tersebut.

Surovikin mendapat julukan Jenderal Armageddon karena reputasi kebrutalan selama operasi Rusia di Chechnya dan Suriah.

Kremlin belum berkomentar secara resmi tentang keberadaan Jenderal Sergei Surovikin.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1212 seconds (0.1#10.140)