3 Permainan Strategi Geopolitik Presiden Erdogan pada KTT NATO

Jum'at, 14 Juli 2023 - 06:37 WIB
loading...
A A A
Beberapa jam setelah Ankara mengatakan akan mengizinkan Stockholm masuk ke dalam blok tersebut, AS mengatakan akan melanjutkan pengiriman jet tempur F-16 ke Turki, kemungkinan pertukaran untuk lampu hijau Ankara.

Pada konferensi pers hari Rabu, Erdogan mengatakan dia “lebih berharap dari sebelumnya” untuk pembelian jet, sementara Presiden AS Joe Biden juga pada hari Rabu menyatakan keyakinannya bahwa kesepakatan itu akan berjalan.

Turki telah lama berusaha untuk membeli pesawat tempur dalam upaya memperbarui armada yang ada, di samping peralatan modernisasi.



3. Tetap Menjadi Mediator Rusia-Ukraina

3 Permainan Strategi Geopolitik Presiden Erdogan pada KTT NATO

Foto/Reuters

Erdogan juga mengomentari pembebasan mantan komandan garnisun Ukraina di Mariupol, yang dibantu fasilitasi, mengatakan reaksi negatif awal Rusia telah berubah.

“Pertama, ada beberapa pernyataan dari Rusia tetapi setelah itu ketika mereka mengetahui tentang beberapa keadaan, situasinya memasuki jalur yang positif,” kata Erdogan pada konferensi pers.

Rusia bereaksi dengan cemoohan atas peran Turki dalam menengahi pembebasan lima komandan, dengan mengatakan hal itu melanggar ketentuan kesepakatan pertukaran tahanan yang direkayasa tahun lalu.

Erdogan juga mengatakan pada konferensi bahwa Turki dapat bertindak sebagai mediator antara Moskow dan Kyiv untuk mengakhiri invasi ke Ukraina yang dimulai pada Februari tahun lalu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1673 seconds (0.1#10.140)