3 Permainan Strategi Geopolitik Presiden Erdogan pada KTT NATO

Jum'at, 14 Juli 2023 - 06:37 WIB
loading...
3 Permainan Strategi Geopolitik Presiden Erdogan pada KTT NATO
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memainkan strategi geopolitik yang cerdas selama KTT NATO. Foto/Reuters
A A A
ANKARA - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan sangat sibuk di KTT NATO di Lithuania, mengejutkan para pengamat setelah berbalik arah dan menyetujui tawaran Swedia yang telah lama ditunggu untuk bergabung dengan blok militer.

Pada konferensi pers pada Rabu malam setelah pertemuan puncak di ibu kota Vilnius, Erdogan menyentuh beberapa masalah untuk Turki, termasuk meratifikasi tawaran NATO Swedia, kesepakatan pertahanan jet F-16 dengan Amerika Serikat, dan tindakan penyeimbangan yang terus dimainkannya. antara Rusia dan Ukraina.

Turki menempa jalan baru di Eropa, juga melanjutkan pembicaraan dengan Yunani, keduanya mengumumkan pada hari yang sama, setelah lebih dari setahun ketegangan antara musuh bersejarah.

Sebenarnya, permainan NATO yang dilakukan Erdogan menjelang kunjungannya ke negara-negara Teluk minggu depan. Dia ingin menggalang dana asing untuk meningkatkan ekonomi Turki yang tegang setelah pemilihannya kembali pada bulan Mei.

Berikut adalah 3 permainan strategi geopolitik Presiden Erdogan dalam KTT NATO.

1. Meratifikasi Tawaran Swedia

3 Permainan Strategi Geopolitik Presiden Erdogan pada KTT NATO

Foto/Reuters

Pemimpin Turki mengatakan bahwa dia akan meneruskan ratifikasi tawaran NATO Swedia ke parlemen ketika dibuka kembali dari Oktober, dengan Stockholm untuk memberikan peta jalan langkah-langkah yang akan diambil sebelum ratifikasi dikirim.

Persetujuan Ankara datang ketika Swedia menjanjikan dukungan untuk memperbarui perjanjian bea cukai Turki dengan Uni Eropa dan keinginannya untuk melakukan perjalanan bebas visa ke seluruh UE bagi warganya.

Erdogan juga berharap Stockholm akan mengambil langkah-langkah terhadap anggota kelompok yang dianggap teroris, Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang dilarang.

“Saat dibuka kembali, saya yakin ketua parlemen kita akan mengedepankan ini di antara perjanjian internasional. Tempat persetujuan utama adalah parlemen, kemudian akan datang kepada saya untuk persetujuan,” kata Erdogan, dilansir Al Jazeera.

Selain itu, pemimpin akan mengadakan pembicaraan dengan sekutu parlementer nasionalis dari Partai Keadilan dan Pembangunan (AK), Partai Gerakan Nasionalis (MHP), yang menyatakan kekecewaannya atas berita menyetujui tawaran Swedia.


2. Membeli Jet Tempu F16

3 Permainan Strategi Geopolitik Presiden Erdogan pada KTT NATO

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1794 seconds (0.1#10.140)