4 Alasan Mengapa Ukraina Menarget Petinggi Militer Rusia

Jum'at, 14 Juli 2023 - 02:17 WIB
loading...
4 Alasan Mengapa Ukraina Menarget Petinggi Militer Rusia
Ukraina menargetkan para petinggi militer Rusia dengan misil bantuan Barat. Foto/Reuters
A A A
KYIV - Dalam beberapa pekan terakhir, banyak petinggi militer Rusia menjadi target serangan rudal Ukraina. Itu menunjukkan strategi baru bahwa Ukraina memiliki informasi intelijen yang kuat tentang keberadaan para jenderal Rusia di medan perang.

Pada Selasa lalu, laporan mulai beredar di saluran Telegram Rusia tentang kematian perwira tinggi militer Rusia lainnya di Ukraina.

Letnan Jenderal Oleg Tsokov tewas dalam serangan Ukraina menggunakan rudal Storm Shadow buatan Inggris.

Ledakan itu menghantam sebuah hotel yang menampung perwira Rusia di kota Berdiansk yang diduduki.

Tingkat keberhasilan Ukraina dalam membunuh para jenderal Rusia sangat mencengangkan. Menurut intelijen Jepang pada Februari, 20 jenderal Rusia telah tewas sejauh ini dalam perang, Nikkei melaporkan.

Jadi ada apa di balik tingginya angka kematian di Rusia?

Berikut adalah 4 alasan kenapa Ukraina menargetkan para petinggi milter Rusia.

1. Memiliki Misil Canggih Bantuan Barat

4 Alasan Mengapa Ukraina Menarget Petinggi Militer Rusia

Foto/Reuters

Ian Williams, seorang analis di Center for Strategic and International Studies, mengatakan bahwa masalah dengan struktur komando Rusia, dan senjata canggih seperti Storm Shadow, menjadi salah satu faktornya.

“Saya pikir alasan banyak perwira tinggi Rusia tewas dalam sebagian besar perang adalah karena kedekatan mereka dengan garis depan, karena masalah militer Rusia dengan komando dan kontrol serta delegasi,” katanya, dilansir Insider.

Akuisisi rudal Storm Shadow baru-baru ini berarti Ukraina dapat mencapai petinggi Rusia di tempat-tempat yang dulunya aman. Rudal memiliki jangkauan 150 mil, hampir tiga kali lipat dari rudal yang sebelumnya digunakan Ukraina.

“Secara umum, memiliki kemampuan untuk melakukan serangan presisi yang mendalam, dikombinasikan dengan kecerdasan yang baik dan siklus penargetan yang cepat, dapat membuka peluang serangan pada target yang sangat spesifik, termasuk individu,” kata Williams.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1352 seconds (0.1#10.140)