Pita Limjaroenrat: Saya Tidak Akan Menyerah dalam Politik Thailand

Kamis, 13 Juli 2023 - 22:16 WIB
loading...
Pita Limjaroenrat: Saya Tidak Akan Menyerah dalam Politik Thailand
Pemimpin Partai Move Forward Pita Limjaroenra menghadapi sejumlah dilema dalam pemilihan kandidat perdana menteri. Foto/Reuters
A A A
BANGKOK - Pita Limjaroenrat, kandidat perdana menteri (PM) Thailand , bersumpah pada Kamis untuk tidak berhenti dalam upayanya menjadi PM setelah menderita kekalahan dalam pemungutan suara parlemen.

Pemimpin Partai Move Forward dengan haluan progresif, pemenang kejutan pemilihan 14 Mei, tidak ditentang dalam pertikaian di parlemen. Tetapi, dia kalah 51 suara dari posisi puncak setelah digagalkan oleh Senat yang ditunjuk oleh militer royalis setelah kudeta 2014.

Pemungutan suara lainnya diharapkan dilakukan minggu depan, yang dapat diperebutkan oleh Pita yang berusia 42 tahun jika dicalonkan lagi oleh aliansi delapan partainya. Untuk menang dia membutuhkan suara lebih dari setengah dari 749 anggota parlemen.

"Saya menerimanya tetapi saya tidak akan menyerah," katanya dilansir Reuters

"Saya tidak akan menyerah dan akan menggunakan waktu ini untuk mendapatkan lebih banyak dukungan."



Pemungutan suara itu merupakan ujian kritis terhadap kekuatan politik Pita dan tolok ukur oposisi terhadap agenda anti-kemapanan partainya, yang meliputi penghapusan militer dari politik, pembongkaran monopoli bisnis dan perubahan undang-undang yang mengatur hukuman penjara yang lama karena menghina monarki.

Move Forward dan mitra aliansinya, Pheu Thai, mengalahkan partai-partai pro-militer konservatif dalam pemilu, yang dilihat secara luas sebagai penolakan keras terhadap pemerintahan yang dipimpin atau didukung oleh militer selama hampir satu dekade.

Kekalahan itu merupakan pukulan terbaru dalam dua hari penuh perjuangan bagi Pita yang berpendidikan AS. Apalagi, dia juga menghadapi dua tuntutan hukum terhadapnya mendapatkan momentum menjelang pemungutan suara, termasuk rekomendasi untuk mendiskualifikasi dia. Akibatnya, ratusan demonstran untuk berkumpul dan memperingatkan bergerak maju untuk menjaga Move Forward dari kekuasaan.

Kasus-kasus tersebut adalah putaran terbaru dalam perjuangan dua dekade untuk merebut kekuasaan yang penuh dengan kudeta, intervensi pengadilan, pembubaran partai, dan kadang-kadang protes jalanan yang penuh kekerasan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1323 seconds (0.1#10.140)