AS: Ukraina Bakal Terima Jet Tempur F-16

Kamis, 13 Juli 2023 - 06:32 WIB
loading...
A A A
"Idealnya, F-16 pertama yang dipiloti oleh [pilot] Ukraina akan terbang pada akhir kuartal pertama tahun depan," ujarnya.

“Tapi kita perlu melatih para insinyur, teknisi, kita perlu menyiapkan infrastrukturnya. Detailnya banyak, jadi jadwalnya bisa bergeser,” imbuh Kuleba.

Moskow telah berulang kali mendesak AS dan sekutunya untuk berhenti memompa Ukraina dengan senjata, dengan mengatakan itu tidak akan memengaruhi hasil konflik tetapi hanya meningkatkan risiko konfrontasi langsung.

Pada bulan Mei, Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengatakan bahwa pengiriman F-16 ke Ukraina akan menjadi eskalasi yang tidak dapat diterima dan memperingatkan Barat agar tidak “bermain api".

Bulan lalu, Presiden Rusia Vladimir Putin meramalkan bahwa F-16 akan terbakar seperti tank Barat yang dipasok ke Kyiv, dan mengatakan bahwa Rusia akan menemukan cara untuk menyerang di lokasi di luar Ukraina jika jet itu ditempatkan di sana.

F-16 merupakan pesawat tempur bermesin tunggal yang membutuhkan landasan pacu murni—sesuatu yang tidak dimiliki Ukraina. Ini mengarah ke spekulasi bahwa F-16 mungkin diterbangkan dari negara tetangga NATO.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1058 seconds (0.1#10.140)