12 Fakta Unik Greenland, Salah Satunya Terdapat Hiu yang Bertahan Hidup hingga 400 Tahun

Kamis, 13 Juli 2023 - 06:15 WIB
loading...
A A A
Ilulissat Icefjord sepanjang 38 mil di Greenland dialiri oleh gletser yang bergerak paling cepat di dunia dan sering dipenuhi dengan gunung es.

Aktivitas melahirkan secara dramatis telah membantu para ilmuwan untuk lebih memahami perubahan iklim dan dampaknya terhadap gletser.

Selama bertahun-tahun, Icefjord adalah satu-satunya situs Greenland dalam daftar Warisan Dunia UNESCO, tetapi dua penambahan baru-baru ini telah menyoroti keragaman lingkungan dan budaya Greenland.

Kujataa di Greenland Selatan masuk dalam daftar karena budaya pertaniannya yang luar biasa baik pada zaman Norse maupun Inuit, sedangkan tempat berburu Inuit yang luas, Aasivissuit-Nipisat, adalah lanskap bebas es terbesar di pulau itu.

11. Reruntuhan Gereja Hvalsey berusia sekitar 700 tahun

Reruntuhan batu gereja Hvalsey adalah reruntuhan Norse yang paling terpelihara di Greenland.

Diyakini dibangun pada awal abad ke-14, temuan arkeologi menunjukkan bahwa gereja yang lebih tua juga berdiri di Greenland.

Daerah tersebut telah memiliki kehadiran manusia terus menerus selama ribuan tahun. Menurut saga Norse, Hvalsey (sekarang Qaqortoq) diklaim oleh kerabat Erik si Merah.

Kekristenan tiba di Greenland sekitar tahun 1000 dan gereja pertama dibangun. Catatan tertulis terakhir tentang kehadiran Norse adalah tentang pernikahan di gereja pada tahun 1408.

12. Hiu Greenland hidup lebih lama dari manusia – dan kemudian beberapa

12 Fakta Unik Greenland, Salah Satunya Terdapat Hiu yang Bertahan Hidup hingga 400 Tahun

Foto/Reuters

Mampu hidup hingga 400 tahun, hiu Greenland adalah vertebrata paling lama hidup di dunia. Masa hidupnya yang potensial adalah dua kali usia mamalia darat tertua, kura-kura raksasa.

Spesies yang relatif langka ini hidup di perairan yang dingin dan dalam sehingga relatif sedikit yang diketahui tentangnya. Meskipun kecepatannya lambat, hiu Greenland tampaknya menjadi predator teratas.

Hiu Greenland tidak unik di negara ini. Ini satu-satunya hiu yang ditemukan di Samudra Arktik sepanjang tahun, tetapi juga hidup di Atlantik Utara dan Arktik Tinggi Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1738 seconds (0.1#10.140)