12 Fakta Unik Greenland, Salah Satunya Terdapat Hiu yang Bertahan Hidup hingga 400 Tahun

Kamis, 13 Juli 2023 - 06:15 WIB
loading...
A A A
Hanya satu kapal yang beroperasi di rute tersebut. M/S Sarfaq Ittuk memiliki ruang untuk 249 penumpang.

5. Greenland adalah Amerika Utara, tetapi secara politis Eropa

Sejak abad ke-10, Greenland telah dikaitkan secara ekonomi dan politik dengan Eropa melalui berbagai persatuan dengan Norwegia dan Denmark.

Dianggap sebagai wilayah Denmark sejak 1814 ketika persatuan Denmark-Norwegia dibubarkan, Greenland sepenuhnya diserap ke dalam negara Denmark pada tahun 1953, tetapi diberikan aturan rumah hanya 26 tahun kemudian. Greenland telah sepenuhnya memerintah sendiri sejak 2009 tetapi tetap bergantung secara ekonomi pada Denmark dan terus menggunakan krone Denmark.

Namun, tanah Greenland sebenarnya adalah bagian dari Amerika Utara. Pulau itu terletak di tepi timur lempeng tektonik Amerika Utara. Meskipun demikian, Greenland dianggap sebagai negara Nordik.

6. Bahasa Greenland terkait erat dengan bahasa Inuit di Kanada

12 Fakta Unik Greenland, Salah Satunya Terdapat Hiu yang Bertahan Hidup hingga 400 Tahun

Foto/Reuters

Bahasa Greenland adalah bahasa menarik yang menjadi misteri bagi sebagian besar pengunjung. Ini adalah bahasa Eskimo–Aleut yang paling banyak digunakan, tetapi hanya memiliki 56.000 penutur. Namun, penduduk Greenland juga berbicara bahasa Denmark dan sebagian besar berbicara setidaknya sedikit bahasa Inggris.

7. Beberapa kata Greenland telah diadopsi ke dalam bahasa Inggris

Terlepas dari keunikan bahasanya, beberapa kata Greenland berhasil masuk ke dalam bahasa Inggris. Yang paling menonjol adalah "kayak" dan "igloo".

Ada juga kata pinjaman utama dari bahasa Inggris dan bahasa Denmark yang digunakan sehari-hari oleh penutur bahasa Greenland.

8. Orang Greenland memiliki budaya yang unik

Terlepas dari ikatan yang kuat dengan Denmark, budaya Greenland sangat berbeda dari Skandinavia. Namun, budaya Inuit tradisional akhir-akhir ini diresapi dengan pengaruh modern karena pariwisata dan internet.

Ini paling jelas terlihat di ibu kota Nuuk, rumah bagi sekitar 25% populasi Greenland. Rumah kayu tradisional bercat cerah berdiri berdampingan dengan gedung perkantoran modern dan pusat perbelanjaan yang tidak akan terlihat aneh di Kopenhagen.

Beberapa aspek budaya seperti perburuan paus dan anjing laut sering tidak disukai secara internasional, tetapi itu adalah kebiasaan yang telah dilakukan selama berabad-abad.

Namun, waktu terus berubah. Ekspor daging paus dan anjing laut dilarang, sementara spesies tertentu termasuk paus biru dilindungi.

9. Greenland sudah merasakan dampak perubahan iklim

Gletser Islandia adalah salah satu tempat paling jelas di dunia untuk melihat dampak perubahan iklim. "Semakin besar mereka, semakin cepat mereka meleleh," adalah keputusan tegas dari sebuah penelitian ilmiah baru-baru ini.

Sejak 2003, lapisan es Greenland timur laut yang luas telah kehilangan lebih dari 10 miliar ton es setiap tahun, menurut sebuah penelitian baru-baru ini. Jika benar-benar mencair, para ilmuwan memperkirakan kenaikan permukaan laut global hingga 23 kaki.

10. Ada tiga situs Warisan Dunia UNESCO
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1753 seconds (0.1#10.140)