Meski Tak Sesuai Harapan, Zelenskyy Puji KTT NATO sebagai Kemenangan bagi Ukraina

Kamis, 13 Juli 2023 - 04:27 WIB
loading...
A A A
Dia mengatakan perjanjian itu akan membantu transfer Ukraina dari aset militer era Soviet agar dapat dioperasikan sepenuhnya dengan sekutu lain, elemen penting dari aliansi tersebut.

Juga sedang dibentuk Dewan NATO-Ukraina baru, sebuah badan permanen di mana 31 sekutu dan Kyiv dapat mengadakan konsultasi dan pertemuan darurat.

Dewan tersebut merupakan bagian dari upaya NATO untuk membawa Ukraina sedekat mungkin dengan aliansi militer sebelum bergabung.

Pada hari Selasa, para pemimpin NATO mengatakan dalam komunike mereka meringkas kesimpulan KTT bahwa Ukraina dapat bergabung "ketika sekutu setuju dan kondisi terpenuhi."



Untuk sementara, anggota tertinggi aliansi berencana untuk meratifikasi paket besar jaminan keamanan jangka panjang.

Penasihat Urusan Eropa Gedung Putih Amanda Sloat mengatakan kepada wartawan bahwa rencana multilateral, yang akan ditandatangani oleh para pemimpin G7 , akan mengirimkan "sinyal signifikan" ke Rusia bahwa "waktu tidak berpihak".

Kerangka ini dirancang untuk memberikan keamanan jangka panjang Ukraina.

"Kami akan berjuang untuk ini, jaminan keamanan untuk Ukraina dalam perjalanan menuju (keanggotaan) NATO", kata presiden Ukraina saat kedatangannya di Vilnius, yang dimulai pada hari Selasa.

Pada hari pertama pertemuan mereka, para pemimpin NATO berjanji bahwa "masa depan Ukraina" adalah "di NATO".
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1261 seconds (0.1#10.140)