32 Pesawat Militer China, Termasuk 4 Bomber Nuklir, Terobos ADIZ Taiwan

Rabu, 12 Juli 2023 - 17:48 WIB
loading...
32 Pesawat Militer China, Termasuk 4 Bomber Nuklir, Terobos ADIZ Taiwan
China kerahkan 32 pesawat militer, termasuk empat pesawat pengebom nuklir, ke Zona Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ) Taiwan. Foto/REUTERS
A A A
TAIPEI - Sebanyak 32 pesawat militer China, termasuk empat pesawat pengebom (bomber) nuklir, telah menerobos Zona Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ) Taiwan.

Manuver itu berlangsung hari Selasa dan baru diumumkan Kementerian Pertahanan Taiwan pada Rabu (12/7/2023).

Kementerian itu mengatakan pengerahan puluhan pesawat itu bagian dari latihan tempur besar-besaran oleh Angkatan Udara dan Angkatan Laut China di wilayah selatan dan barat daya Taiwan.

Beijing, yang memandang Taiwan sebagai wilayah China, selama tiga tahun terakhir secara teratur mengirim pesawat tempur ke ADIZ Taiwan untuk mencoba dan memaksa pulau yang telah memerintah sendiri secara demokratis itu menerima kedaulatan China.



China telah menggelar latihan perang di sekitar Taiwan Agustus tahun lalu dan sekali lagi pada April lalu. Sejak itu, militer Beijing secara teratur menerbangkan pesawat militer melintasi garis median Selat Taiwan, yang sebelumnya berfungsi sebagai penghalang tidak resmi antara kedua pihak.

Kementerian Pertahanan Taiwan, dalam sebuah pernyataan yang dikutip Reuters, mengatakan bahwa dalam 24 jam terakhir pihaknya telah mendeteksi 32 pesawat Angkatan Udara China memasuki ADIZ Taiwan. Puluhan pesawat itu campuran antara jet tempur, helikopter, pesawat pengebom nuklir dan pesawat peringatan dini.

Menurut peta yang disediakan Kementerian Pertahanan Taiwan, empat bomber nuklir China terbang ke selatan Taiwan dan ke Pasifik sebelum akhirnya kembali ke China.

Pada Selasa malam, kementerian tersebut mengatakan pesawat dan kapal perang China bertindak dalam koordinasi untuk melakukan latihan bersama di selatan Taiwan. Setidaknya ada empat kapal perang Beijing yang terlibat dalam "patroli kesiapan tempur".

Taiwan, imbuh kementerian tersebut, mengirim pesawat dan kapal perangnya sendiri untuk memantau aktivitas militer China.

Sekadar diketahui, ADIZ Taiwan adalah area yang lebih luas yang dipantau dan dipatroli militer Taipei untuk memberi pasukannya lebih banyak waktu untuk menanggapi ancaman.

China belum mengomentari latihan tempur skala besar ini atau yang manuver lainnya selama sebulan terakhir.

Pemerintah Taiwan menolak klaim kedaulatan China dan mengatakan hanya rakyat pulau itu yang dapat memutuskan masa depan mereka.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1018 seconds (0.1#10.140)