Zelensky: Ukraina Akan Membuat NATO Lebih Kuat

Rabu, 12 Juli 2023 - 03:23 WIB
loading...
Zelensky: Ukraina Akan Membuat NATO Lebih Kuat
Presiden Volodymyr Zelensky berpidato dihadapan para pendukungnya di Ibu Kota Lithuania, Vilnius. Foto/CNA
A A A
VILNIUS - Presiden Volodymyr Zelensky menyuarakan kekecewaannya bahwa Ukraina tidak diundang untuk bergabung dengan NATO.

"Apakah ini keinginan yang terlalu besar?" ujarnya kepada para pendukungnya di ibu kota Lituania, Vilnius seperti dikutip dari Channel News Asia, Rabu (12/7/2023).

"NATO akan membuat Ukraina lebih aman, Ukraina akan membuat NATO lebih kuat," serunya kepada ribuan orang, banyak yang mengibarkan bendera Ukraina, yang berkumpul di pusat Vilnius, tuan rumah pertemuan puncak aliansi, saat penembak jitu berjaga di atap.

Dia berterima kasih kepada Lituania atas posisi yang jelas, jujur, dan berani dalam mendukung keanggotaan Ukraina.

Sesaat sebelum pidato, para pemimpin NATO setuju aliansi itu akan menyampaikan undangan ke Ukraina untuk bergabung dengan aliansi militer ketika anggota setuju dan kondisi terpenuhi.

Zelenskyy pada hari sebelumnya mengatakan akan "tidak masuk akal" jika para pemimpin NATO tidak menawarkan jangka waktu keanggotaan kepada negaranya.

Berbicara dalam bahasa Ukraina, dia mengatakan kepada orang banyak: "Saya melakukan perjalanan ke sini hari ini dengan keyakinan pada keputusan, dengan keyakinan pada mitra, dengan keyakinan pada NATO yang kuat, NATO yang tidak ragu, yang tidak kehilangan waktu, dan tidak memandang agresor manapun."

"Saya berharap keyakinan ini menjadi kepastian - kepastian dalam keputusan yang pantas kita semua dapatkan dan yang diharapkan setiap prajurit kita, setiap warga negara kita, setiap ibu kita, setiap anak kita. Dan apakah ini keinginan yang terlalu besar?" Dia bertanya.



Anggota NATO di Eropa timur telah mendukung sikap Kiev, dengan alasan bahwa membawa Ukraina di bawah payung keamanan kolektif NATO adalah cara terbaik untuk mencegah Rusia menyerang lagi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1511 seconds (0.1#10.140)