Rusia Serang Ibu Kota Ukraina Jelang KTT NATO

Selasa, 11 Juli 2023 - 14:07 WIB
loading...
Rusia Serang Ibu Kota Ukraina Jelang KTT NATO
Rusia luncurkan serangan udara ke Ibu Kota Ukraina, Kyiv, beberapa jam sebelum KTT NATO dimulai hari ini (11/7/2023). Foto/REUTERS
A A A
KYIV - Rusia meluncurkan serangan udara ke Ibu Kota Ukraina, Kyiv, pada Selasa (11/7/2023) dini hari, beberapa jam sebelum dimulainya KTT NATO di Lithuania.

"Musuh menyerang Kyiv dari udara untuk kedua kalinya bulan ini," kata Serhiy Popko, kepala administrasi militer Kyiv, dalam sebuah posting di saluran Telegram, seperti dikutip Reuters.

Menurut informasi awal, kata Popko, sistem pertahanan udara Ukraina menembak jatuh semua drone Shahed buatan Iran yang diluncurkan Rusia sebelum mencapai target.



Tidak ada informasi segera tentang kerusakan atau pun korban akibat serangan udara Rusia ini.

Menurut Angkatan Udara Ukraina, sirene serangan udara meraung-raung di Kyiv selama satu jam dan lebih lama di bagian lain timur Ukraina.

Saksi Reuters di Kyiv mendengar ledakan menyerupai suara sistem pertahanan udara mencegat target selama serangan udara berlangsung.

KTT NATO di Vilnius, Lithuania, yang dimulai hari ini, akan didominasi oleh pembicaraan tentang dampak invasi Rusia ke Ukraina, di mana para pemimpin aliansi akan menyetujui rencana komprehensif pertama NATO sejak akhir Perang Dingin untuk mempertahankan diri dari setiap serangan Moskow.

Rusia telah mencaci aliansi tersebut dan kekuatan utamanya, Amerika Serikat, atas dukungan mereka kepada Ukraina dan memperingatkan bahwa bergabungnya Ukraina di NATO akan ditanggapi dengan reaksi yang "jelas dan tegas".

Invasi Rusia ke negara tetangganya, yang sekarang memasuki hari ke-503 dan tanpa akhir yang terlihat, telah menewaskan ribuan orang, membuat jutaan orang telantar, dan mengubah banyak kota di timur dan selatan Ukraina menjadi tumpukan puing-puing.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1554 seconds (0.1#10.140)