AS Pilih Israel-kan Ukraina ketimbang Perang Total NATO dengan Rusia

Sabtu, 08 Juli 2023 - 07:09 WIB
loading...
A A A
“Dan salah satu hal yang saya tunjukkan adalah, Amerika Serikat akan siap menyediakan, sementara prosesnya sedang berlangsung, dan itu akan memakan waktu cukup lama, untuk memberikan keamanan seperti keamanan yang kami sediakan untuk Israel: menyediakan persenjataan yang mereka butuhkan, kapasitas untuk mempertahankan diri,” papar Biden.

"Jika ada kesepakatan, jika ada gencatan senjata, jika ada kesepakatan damai," imbuh dia.

Tidak jelas apa yang dia maksud dengan itu, karena Kyiv telah menolak setiap pembicaraan tentang "pembekuan konflik" atau gencatan senjata.

AS sebelumnya juga telah berjanji untuk tidak bernegosiasi tentang nasib Ukraina tanpa persetujuan Kyiv, sementara Rusia mengatakan tidak akan berurusan dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, tetapi hanya dengan "pawang" Barat-nya.

Jaminan keamanan “model Israel” untuk Ukraina pertama kali disebutkan bulan lalu oleh New York Times, yang menggambarkannya sebagai komitmen terbatas waktu untuk mempertahankan aliran senjata Barat ke Kyiv.

Menurut perkiraan militer Moskow, AS dan sekutunya telah memasok senjata, amunisi, dan peralatan ke Kyiv dengan lebih dari USD100 miliar pada tahun 2022 saja.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1168 seconds (0.1#10.140)