6 Keunikan Bandara yang Terbengkalai Disulap Jadi Taman Pantai Terindah di Yunani

Jum'at, 07 Juli 2023 - 02:20 WIB
loading...
6 Keunikan Bandara yang Terbengkalai Disulap Jadi Taman Pantai Terindah di Yunani
Bandara di Athena, Yunani, yang terbengkalai akan disulap menjadi taman pantai. Foto/Sasaki-CNN
A A A
ATHENA - Terkenal dengan arsitektur kuno ikonik yang bertengger di atas puncak bukit berdebu, ibu kota Yunani , Athena, biasanya tidak diasosiasikan dengan ruang hijau dan terbuka. Tapi ini mungkin akan segera berubah, karena bekas bandara internasional kota dan tepi laut sekitarnya akan diubah menjadi taman pantai raksasa yang lebih besar dari Taman Hyde London.

Berikut adalah 6 keunikan bandara yang terbengkalai disulap menjadi taman terindah di Yunani.

1. Bandara Terbengkali Sejak 2011.

6 Keunikan Bandara yang Terbengkalai Disulap Jadi Taman Pantai Terindah di Yunani

Foto/Sasaki-CNN

Bandara Internasional Ellinikon, yang dulunya merupakan pintu gerbang yang ramai ke Yunani, telah kosong selama hampir dua dekade.

Setelah dinonaktifkan pada tahun 2001, struktur tersebut dibiarkan terbengkalai, selain periode singkat selama Olimpiade Musim Panas 2004, saat menjadi tuan rumah lapangan softball, lapangan hoki, dan tempat anggar.

Saat ini, rumput liar berwarna karat, kering karena matahari, menyembul dari tegakan lama, dalam perubahan haluan yang menyedihkan dari masa kejayaannya.

Bandara Internasional Ellinikon awalnya dibangun pada tahun 1938, tetapi ditutup pada tahun 2001, dan sebagian besar situs tersebut telah kosong sejak saat itu.


4. Ditanami 3 Juta Pohon dan Tanaman

6 Keunikan Bandara yang Terbengkalai Disulap Jadi Taman Pantai Terindah di Yunani

Foto/Sasaki-CNN

Di seluruh taman, hanya spesies asli Yunani yang akan ditanam, termasuk 31.000 pohon dari 86 spesies dan lebih dari 3 juta tanaman. Desainer berkolaborasi dengan pembibitan Yunani untuk mendapatkan campuran benih asli yang akan memberikan manfaat ekologis, sekaligus berkembang di iklim yang semakin gersang di kawasan ini.

Athena sudah merasakan dampak perubahan iklim, dengan suhu yang lebih tinggi dan peristiwa cuaca ekstrem yang lebih sering terjadi. Satu studi tahun 2018 dari Universitas Newcastle, yang menganalisis risiko perubahan iklim di 571 kota Eropa, memperkirakan Athena akan mengalami beberapa peningkatan kekeringan dan gelombang panas terburuk pada tahun 2050.

"Suhu diperburuk oleh efek pulau panas perkotaan, karena beton, batu, dan aspal kota menyerap dan menahan panas," jelas Eleni Myrivilli, kepala petugas panas untuk Kota Athena dan penasihat senior ketahanan iklim di Pusat Ketahanan Arsht-Rock Dewan Atlantik. “Athena dibangun dengan sangat padat, dan semua permukaan yang berbeda sama sekali tidak cocok untuk menaikkan panas,” katanya, seraya menambahkan bahwa mereka tidak menyerap air sehingga dapat menyebabkan banjir selama semburan awan yang semakin sering terjadi.

Ruang hijau dapat membantu melawan efek ini. “Kami pada dasarnya membalikkan situs yang 80% hardscape … menjadi 80% softscape,” kata Grove, dan mengganti beton atau batu dengan pohon dan semak membantu menyerap curah hujan dan menciptakan keteduhan, yang memiliki efek pendinginan.

Untuk memerangi kelangkaan air, taman akan diairi dengan air limbah olahan yang disuplai oleh tanaman di dekatnya, dan danau seluas 3,7 hektare - yang digunakan kembali dari bekas area kano dan kayak Olimpiade - akan mengumpulkan dan menyimpan air hujan.

Fitur desain seperti itu sangat penting untuk masa depan yang tahan iklim, kata Aleksandra Kazmierczak, ahli perubahan iklim dan kesehatan untuk Badan Lingkungan Eropa (EEA). “Ruang hijau adalah salah satu cara yang sangat efektif untuk menurunkan suhu di kota-kota,” katanya. “Jika kota-kota dirancang lebih seperti spons yang dapat menyerap air berlebih yang dapat diterjemahkan menjadi manfaat ekonomi karena tidak kebanjiran dan tidak kehilangan jutaan dan miliaran Euro dalam kerusakan.”

5. Memperkuat Kohesi Rakyat Athena

6 Keunikan Bandara yang Terbengkalai Disulap Jadi Taman Pantai Terindah di Yunani

Foto/Sasaki-CNN

"Manfaat utama lain dari ruang hijau adalah efeknya terhadap kesehatan fisik, kesehatan mental, dan kohesi sosial,” kata Kazmierczak. Orang yang tinggal di lingkungan yang lebih hijau cenderung tidak terlalu stres dan obesitas, dan ruang hijau dapat menurunkan tingkat kebisingan dan polusi udara yang dapat bermanfaat bagi kesehatan jangka panjang, tambahnya.

Untuk Athena, kota di mana ruang hijau jarang – satu studi dari EEA menempatkannya di lima terbawah ibu kota UE untuk tutupan pohon perkotaan – pembangunan hijau yang besar adalah prospek yang menarik. "Meskipun ada upaya lain baru-baru ini untuk menciptakan ruang hijau dan "taman saku" di dalam kota, tidak ada yang sebanding dengan Ellinikon dalam hal skala atau perhatian terhadap detail seputar solusi berbasis alam," kata Myrivilli.

“Untuk kesehatan mental dan kesehatan fisik warga Athena, itu akan menjadi tempat istirahat … dan penyeimbangan kembali dari tinggal di kota yang sangat padat penduduknya,” katanya, menambahkan bahwa itu akan menjadi sangat penting bagi mereka yang kurang mampu dan dapat tidak mampu untuk meninggalkan kota selama musim panas.

5. Akan seperti Central Park di New York

6 Keunikan Bandara yang Terbengkalai Disulap Jadi Taman Pantai Terindah di Yunani

Foto/Sasaki-CNN

"Ellinikon akan memiliki sesuatu untuk semua orang," kata Grove. Akan ada taman patung, pusat olahraga, teater terbuka, tempat makan dan minum, dan pantai umum. Dengan jalur pejalan kaki sepanjang 50 kilometer dan jalur sepeda sepanjang 30 kilometer, dia ingin warga Athena menjelajahi daerah tersebut secara aktif dan berinteraksi dengan alam.

Proyek ini sudah lama datang. Ide untuk mengubah ruang menjadi taman lahir bahkan sebelum bandara dinonaktifkan, tetapi masalah pembiayaan, krisis ekonomi 2008, dan ketidaksepakatan tentang siapa yang akan mengembangkannya, menunda proyek berulang kali.

Pada tahun 2021, perusahaan real estate Yunani, Lamda Development, secara resmi mendapatkan kontrak tersebut, membawa Sasaki dan arsitek lainnya untuk merancangnya. Lamda memperkirakan proyek tersebut akan menelan biaya sekitar $8 miliar, termasuk pembangunan perumahan dan komersial di sekitar taman.

"Sekarang momentum akhirnya tiba, para arsitek bertekad untuk bekerja dengan cepat. Fase pertama taman – sekitar 250 hektar termasuk Lapangan Olimpiade pusat, di jalur trem kota, dan seluruh bagian depan pantai – akan selesai pada akhir 2025 atau awal 2026," kata Grove.

Dia membayangkan Ellinikon menjadi Athena yang setara dengan Central Park di New York – tempat yang dapat mengubah cara orang Athena menggunakan ruang publik, akan berkontribusi pada kesehatan publik dan ekologi kota, dan akan bertahan dalam ujian waktu. “Melihat sejarah Athena, kami memperkirakan taman ini, dalam beberapa bentuk atau lainnya, akan ada selama 1.000 tahun,” katanya.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1760 seconds (0.1#10.140)